WUJUDKAN DATABASE PENYELENGGARA PEMILU YANG AKURAT, KPU JATIM ADAKAN BIMTEK SIPP

Surabaya, kpujatim.go.id- Dalam rangka mewujudkan database penyelenggara pemilu,  Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) hari ini (10/8) akan mengadakan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Informasi Penyelenggara Pemilu (SIPP). Dijadwalkan selama tiga hari, sampai tanggal 12 Agustus 2016, Bimtek akan dilaksanakan di hotel Ibis Styles Surabaya.

Sistem Informasi Penyelenggara Pemilu (SIPP) menurut Sekretaris KPU Jatim, HM. Eberta Kawima adalah salah satu aplikasi yang dimiliki oleh KPU. “Aplikasi SIPP ini digunakan untuk membuat database penyelenggara pemilu mulai dari badan ad hoc di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai dengan KPU RI,” jelas Wima saat diwawancarai di meja kerjanya (10/8/2016).

Peserta bimtek SIPP ialah operator SIPP dari KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur. Masing-masing KPU kabupaten/ kota akan mengirimkan dua (2) orang operator SIPP-nya. Sekretaris KPU Jatim menyampaikan, “Tugas operator SIPP KPU kabupaten/ kota cukup berat. Karena harus menghimpun data yang dimiliki KPPS. Dan KPPS jumlahnya sangat banyak (7 anggota & 2 Linmas-red) belum lagi masih ditambah data PPS, PPK dan KPU kabupaten/ kota”.

Sedangkan operator SIPP KPU Provinsi sifatnya lebih bersifat mengkoordinir para operator KPU kabupaten/ kota dalam melaksanakan tugas inputing  data.

Harapan KPU Jatim, sebagaimana disampaikan oleh Wima, dengan adanya bimtek terwujud databasepenyelenggara pemilu secara keseluruhan yang tercatat dan terdokumentasi dalam sebuat sistem aplikasi yang akurat.

Bimtek SIPP akan mulai check in jam 12 siang hari ini (Rabu, 10 Agustus 2016). Serta akan difasilitasi oleh pemateri dari Biro SDM KPU RI.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *