UJI PUBLIK, AYO CERMATI DPS DESA BANARESEP BARAT

Insert: PPS Banaresep Barat saat adakan kegiatan “Ayo Cermati DPS”

Lenteng, kpud-sumenepkab.go.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Banaresep Barat, punya komitmen tinggi dalam melaksanakan tahapan dan instruksi, dalam Penyelenggaraan Pilgub Jatim Tahun ini, termasuk salah satunya, intruksi untuk menyelenggarakan Uji Publik Serentak bertema “Ayo Cermati DPS” yang dilaksanakan Minggu pagi (01/4/).

Kegiatan yang dipusatkan di Sekretariat Desa setempat ini, dihadiri oleh Aparatur Desa, PPDP, Pengawas Pemilu Lapangan, Tokoh Pemuda Tokoh masyarakat dan Perwakilan Kepala Keluarga. Abd. Aziz Ketua PPS Banaresep Barat mengatakan,” Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat berperan aktif, dalam mencermati Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Pada uji Publik ini, masyarakat bisa memeriksa, apakah Anggota keluarganya sudah tercantum di DPS atau belum. Kepala Keluarga, juga bisa mengusulkan Perbaikan terhadap Elemen Data misalnya, terhadap kesalahan Nama.“Tidak hanya mencermati apakah Anggota Keluarga sudah terdaftar di DPS atau belum, tetapi juga apakah terjadi salah Nama bisa diusulkan untuk diperbaiki,” Katanya.

Kalau pun ada yang tidak hadir saat Uji Publik, mereka masih bisa mencermati DPS sampai batas waktu yg ditentukan. Abd. Aziz juga menjelaskan,” Uji Publik ini melibatkan mantan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Sebab, mereka itu juga Calon KPPS, sehingga dilibatkan.

Selain itu, Pihaknya juga membuka ruang kepada Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di Tingkat Desa, untuk menyampaikan Tanggapan/masukan. “Kami siap dan segera melakukan Perbaikan DPS apabila ada temuan PPL maupun masyarakat,” Tegasnya.

Selain itu, Abd. Aziz menegaskan,” bahwa kegiatan “Ayo Cermati DPS” ini penting untuk dilaksanakan. Karena, “Dengan Pencermatan ini bisa memastikan Data Pemilih kita lebih Akurat, Mutakhir dan Komprehensif,” Pungkasnya. Kegiatan Uji Publik “Ayo Cermati DPS” ini berjalan Efektif, sesuai yang diharapkan. (Jeff/Azis/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *