TOK…! DPT PILBUP SUMENEP SEBANYAK 822.320

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilbup (pemilihan Bupati dan wakil Bupati) Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2020, mencapai 822.320 orang.

Jumlah DPT itu ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep dalam rapat pleno yang digelar pada hari Rabu 14 Oktober 2020. Dengan rincian, 433.686 orang pemilih perempuan dan 388.634 pemilih laki-laki.

“Penetapan DPT ini berdasarkan hasil rapat pleno terbuka yang digelar di Hotel Utami Sumenep, jumlah totalnya 822.320 orang,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Kamis, 15 Oktober 2020.

Ia menuturkan, penetapan DPT ini merupakan proses akhir dari jumlah pemilih yang punya hak suara pada Pilbup 9 Desember mendatang. Namun, bukan bersifat paten.

“Jadi, tidak ada masalah lagi. Untuk penetapan DPT tersebut, kemarin di hadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Tim kampanye dua Pasangan Calon, Kapolres dan Komandan Kodim Sumenep,” tuturnya.

Warits memastikan, warga yang masuk DPT Pilbup Sumenep diluar dari TNI dan Polri. Sebab, kedua unsur ini tidak memiliki hak suara di Pilkada.

“Kalaupun nantinya ada warga yang masuk DPT, ternyata diterima TNI atau Polri, maka namanya akan dicoret dari DPT,” tandasnya.

Warits juga menambahkan, DPT yang ditetapkan kemarin bukan bersifat paten. Sebab, jumlah masyarakat itu dinamis. Artinya, sewaktu-waktu bisa berubah, misalnya sudah tercatat di DPT, kemudian meninggal dunia. “Namun dalam pelaksanaannya hanya ditandai saja jika ada yang meninggal atau sudah tidak memenuhi syarat sebagai pemilih,” jelasnya.

Ditambah lagi ada masyarakat yang masih belum terdaftar dalam DPT, maka nanti akan dimasukkan pada DPT tambahan (DPTb), dengan syarat ada KTP elektronik.

“Walaupun nanti ada yang meninggal atau belum tercatat, tapi, hasil pleno penetapan DPT kemarin sudah tidak bisa ditawar lagi. Sebab, penetapan itu sudah final,” tegasnya.

Sesuai jadwal yang ada, Pilbup Sumenep akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Terdapat dua pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 1 Achmad Fauzi-Dewi Khalifah, dan nomor urut 2 pasangan Fattah Jasin-KH. Ali Fikri. (humas kpu sumenep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *