TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH, PPS DESA JURUAN DAYA DATANGI PEMILIH PEMULA DAN PEMUDA

Insert: pps juruan daya saat melakukan sosialisasi pemilu 2019

Batuputih, kpusumenep.go.id – Potensi pemilih pemula dan pemuda yang cukup besar, diharapkan bisa menyumbang suara dalam pesta demokrasi Indonesia pada 2019. Untuk itu, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Juruan Daya bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Juruan Daya mengadakan sosialisasi pemilihan umum kepada pemilih pemula dan pemuda, kali ini yang jadi objek sosialisasi adalah para atlit, di Lapangan Olahraga Yayasan Arya Wiraraja, Minggu (23/12).

Menurut Wasli Staff Divisi data PPS Desa Juruan Daya,  jumlah pemilih pemuda mencapai sekitar 10 persen dari jumlah keseluruhan pemilih di Desa Juruan Daya.Jumlah tersebut menunjukkan signifikansi yang cukup besar dari para pemilih pemula dan pemuda. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, seberapa besar partisipasi mereka dalam pemilu nantinya?

Pada kegiatan tersebut, sekitar 150 pemuda/atlit yang terkumpul dalam salah satu perguruan pencak silat  untuk mengajak pemilih pemula dan pemuda berpartisipasi dalam pemilihan umum dan tidak golput.

“Dalam kegiatan tersebut, para peserta diajak untuk memahami esensi dari potensi besar suara pemilih mula dan muda dalam proses demokrasi. Apalagi, khususnya di Desa Juruan Daya, jumlah pemilih muda mencapai kurang lebih seratus suara,”  ungkap Mohammad Muhdi, Staff Divisi Sosialisasi PPS Desa Juruan Daya.Pada kegiatan tersebut dilakukan penjelasan terkait jumlah tps dan rencana tempat pemungutan suara yang akan ditempati pada pemilu 2019 nanti.

Para peserta juga merasa antusias mengikuti kegiatan sosialisasi pemilu ini. Mereka mengaku jadi tahu proses pemilihan, dari mulai masuk tempat pemungutan suara, mencoblos, sampai akhir pemilihan. Bahkan, mereka menyatakan pasti memilih setelah diberi pemahaman pemilu. “Saya berharap jika para pemimpin dan wakil rakyat yang terpilih bisa bebas dari korupsi,” ujar Rizal Salah satu atlit terbaik di Organisasi ini. (Rus/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + five =