TINGKATKAN KAPASITAS BENDAHARA, KPU JATIM AKAN BERIKAN BIMTEK

Surabaya, kpujatim.go.id – Dalam rangka meningkatkan kapasitas bendahara, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) akan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada bendahara KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Bimtek dijadwalkan akan dilaksanakan besok, hari Selasa (20/06), jam 1 siang di ruang rapat lantai II kantor KPU Jatim.

Kepala Subbagian (Kasubbag) Keuangan KPU Jatim, Yulyani Dewi membenarkan rencana ini. “Memang betul besok Kita akan mengadakan bimtek peningkatan kapasitas bendahara. Bimtek ini dipandang perlu karena bendahara KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota sebagai pemegang uang di satuan kerja, banyak yang belum memiliki sertifikat bendahara. Yang berhak mengeluarkan sertifikat ini Kementerian Keuangan. Namun karena waktunya sudah mendekati Pilkada 2018, maka perlu dilaksanakan bimtek ini,” ujar Dewi (19/06/2017).

Dewi melanjutkan, “Selain bendahara nanti juga akan mengundang Pengelola Keuangan (PPK/ PPSPM-red). Sebab, PPK atau PPSPM juga memiliki peran utama di dalam Pilkada”.

Akan ada beberapa materi dalam bimtek ini. Diantaranya mengenai mekanisme hibah dan pertanggungjawaban hibah daerah. Mekanisme hibah akan disampaikan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Surabaya 1. Sedangkan materi pertanggungjawaban hibah daerah disampaikan Kasubbag Perbendaharaan Barang dan Jasa, Biro Keuangan KPU RI, Fikri Errydian Syahidi.

Menurut Dewi, bimtek ini selain bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bendahara, sekaligus sebagai media silaturahmi pengelola keuangan di KPU Provinsi dengan Kabupaten/ Kota. “Kita ingin menyampaikan kepada Kabupaten/ Kota bahwa pengelola keuangan ini adalah teamwork, termasuk di dalam pilkada nanti. Dengan keakraban, kekompakan dan visi misi yang sama diharapkan dapat menghindari kecurangan. Karena semakin dekat dengan sesama pengelola keuangan, maka akan ada rasa sungkan atau pakewuh bila melakukan perbuatan yang buruk,” tegas Kasubbag Keuangan KPU Jatim.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *