TINDAKLANJUTI INSTRUKSI KPU, PPK GAPURA ADAKAN RAPAT KOORDINASI DENGAN SELURUH PPS

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id – Minimnya partisipasi masyarakat dalam pilbup 2015 di kab. Sumenep menjadi catatan khusus bagi PPK kec. Gapura untuk pilgub jatim 2018. Apalagi pada Bimtek Sosialisasi dan partisipasi masyarakat yang diselenggarakan di ruang rapat hotel C1 pada hari senin (25/12), KPU kab. Sumenep secara khusus menghimbau agar PPK lebih proaktif dalam melakukan pendataan dan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat agar semua masyarakat yang memiliki hak konstitusional bisa terdata dan mau memberikan hak suaranya di pilgub Jatim 27 juni 2018 mendatang.

“Kalau pada pilbub 2015 kemarin keterlibatan masyarakat Sumenep hanya sekitar 60%, maka pada pilgub 2018 nanti target kita harus 70% ke atas.” Tegas DR. Rahbini, salah seorang anggota KPU kab. Sumenep div. Perencanaan dan data.

Selain itu juga, ketika mau membuka acara bimtek, dalam sambutannya, ketua KPU kab. Sumenep, A. Warits, menghimbau agar PPK bersama-sama dengan PPS dan PPDP melakukan pemetaan wilayah mana saja yang tingkat partisipasi masyarakatnya minim, dan kemudian melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat wilayah tersebut.

Maka dari itu, keesokan harinya, selasa (26/12) PPK kec. Gapura memanggil seluruh PPS untuk melakukan koordinasi terkait dengan hal tersebut sesuai arahan KPU kab. Sumenep.

Dalam pertemuan itu, Ah. Qushairi selaku div. Sosialisasi, SDM dan Parmas, menyampaikan materi tentang sosialisasi. Dia juga meminta agar PPS benar-benar memahami tahapan dan semua informasi terkait dengan penyelenggaraan pilgub jatim 2018, melakukan sosialisasi terhadap 11 basis, dan melakukan pendataan lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah dan pesantren, mengidentifikasi forum warga dan tokoh masyarakat se kec. Gapura sebagaimana diinstruksikan oleh Bapak Abdul Hadi kepada PPK dalam bimtek hari senin kemarin. Dirinya yakin jika PPK dan PPS menyatukan tekad, sama-sama bekerja sesuai prosedur yang telah ditentukan, maka insya Allah semuanya akan berjalan dengan lancar sesuai harapan. (PPK.Gapura)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *