SOSIALISASI WARGA PEMILIH, PPS AENG PANAS BANGUN KEGUYUBAN BERBASIS RT

Insert: PPS Aeng Panas Saat sosialissasi Pilgub Jatim 2108

Pragaan, kpud-sumenepkab.go.id – Pengecekan warga terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah diumumkan menjadi salah satu tahapan yang sangat urgen dalam Pilgub, karena disinilah hak pemilih dapat diselamatkan sebelum penetapan DPT. atas dasar itulah maka sosialisasi warga dilaksanakan oleh PPS Aeng Panas hari Ahad (01/04) di Balai Desa Aeng Panas. Hadir dalam kegiatan tersebut PPK Pragaan, PPS, perangkat Desa, pengurus RT di 17 lingkungan, dan unsur tokoh dan perempuan desa.

Dalam sambutannya Ketua PPK Pragaan Imam Hidayad meminta warga pemilih membangun suasana pemililihan yang guyub dan rukun sesuai maskot Pilgub Jatim, dan memastikan semua yang berhak memilih tidak kehilangan haknya. “Kerja PPS sampai KPU ini kerja tahapan, perlu bangun koordinasi dan konsolidasi dengan semua pihak terutama dengan pengurus RT RW. RT RW agar membantu mengecek data yang sudah diumumkan”, ujarnya membuka sambutan.

Menurutnya, kerja dengan melibatkan banyak orang itu susah susah gampang. Karenanya dia meminta semua pihak pandai-pandai menempatkan diri, dan mampu berinteraksi dengan pemilih untuk saling melengkapi. “Intinya sosialisasi warga ini 2 hal, pertama, DPS kita terkoreksi pemilih dan memastikan pemilih masuk menjadi DPT. Kedua, warga gegap gempita guyub, damai tak tertekan ikut menentukan arah demokrasi bangsa ini”, katanya mengingatkan semua yang hadir.

Lebih jauh dia meminta ketua RT/RW dan tokoh yang hadir, bagi yang memiliki Hp android menggunakan pengecekan DPS dengan aplikasi media elektronik, yang tidak punya android dapat memanfaatkan pengumuman dari PPS di beberapa titik. ” Jika benar belum terdaftar datang ke PPS bawa KTP, bawa KK, atau Surat Keterangan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan benar berhak memilih “, sambungnya diujung sambutan.

Sementara itu PPLD Hidayad yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengharapkan masyarakat terlibat dalam pengawasan dan pengecekan pemilih sementara, serta mengetuk tularkan informasi ini kepada perkumpulan dan warga. agar warga terlibat dalam pemilihan.

” Pengawas di desa hanya satu orang, mari bantu. Jangan sampai ada hak politik yang hilang sebab kita tidak melibatkan diri dalam pengecekan “, katanya penuh antusias. dia juga menyadari keterbatasan dari penyelenggara yang harus didukung oleh masyarakat. ” Jangan bebankan ke pelaksana saja harus ada keterlibatan warga lainnya utamanya RT TW”, sambungnya lagi.

PPS yang memimpin rapat sosialisasi warga menganggap penting keterlibatan RT mengecek langsung oleh karena disadari kurangnya minat baca masyarakat untuk mengecek pengumuman. ” RT harus menjadi garda depan pengecekan, pengecekan berbaais RT. Kita tahu warga pemilih lesu kalau untuk baca pengumuman. Mari cek warga di tingkat RT “, kata Zubairi Karim Sekretariat PPS yang dipercaya memimpin sosialiasasi.

PPS akan mengambil jalan pro aktif datangi RT RW di 17 titik untuk mengecek agar jangan sampai ada warga yang tidak terdadtar sebelum penetapan DPT. Penggandaan data DPS bagi semua RT menjadi kometmen yang akan sangat membantu mengatasi kemungkinan pemilih yang terlewatkan. (Zbr/PPS /Parmas/zw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *