Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Sumenep dan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pencalonan

Diwaktu yang hampir bersamaan pada hari Selasa pagi pukul 09.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep menyelenggarakan Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Sumenep pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Kantor KPU Kabupaten Sumenep. Adapun peserta rapat sosialisasi kali ini adalah para Ketua, Sekretaris, dan petugas penghubung/LO Partai Politik Peserta Pemilu 2014 di Sumenep, serta Panwaslu Kabupaten Sumenep.

Selain itu hadir pula direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep untuk berkoordinasi dengan Partai Politik mengenai surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba yang menjadi salah satu persayaratan bakal calon legislatif untuk mendaftar ke KPU Kabupaten Sumenep. Dalam rapat tersebut beliau menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Universitas Diponegoro Semarang yang akan mendatangkan tim pemeriksa kesehatan rohani untuk bakal calon legislatif. Selain itu beliau juga meminta kepada partai politik untuk segera menyerahkan jumlah dan nama bakal calon legislatif yang akan mengikuti tes kesehatan rohani yang akan dilaksanakan di RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep.

Kemudian Hidayat Andyanto, SH, M.Si selaku Komisioner KPU Sumenep divisi hukum, pengawasan, sdm, dan organisasi menyampaikan materi mengenai tata cara pendaftaran pencalonan yang harus dipahami oleh seluruh partai politik di Kabupaten Sumenep. Beliau menjelaskan secara detail mengenai hal-hal yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 sebagaimana diubah dengan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2013, serta menjelaskan petunjuk teknis dalam surat edaran KPU RI mengenai Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi Calon Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang telah dibagikan kepada seluruh partai politik sebelum acara dimulai.

Setelah materi tersampaikan, kemudian acara dilanjutkan dengan bimbingan teknis tentang Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Aplikasi ini baru saja diterima oleh KPU Kabupaten Sumenep pada hari senin 8 April 2013 dalam rapat sosialisasi yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur. Aplikasi ini ditujukan kepada partai politik untuk digunakan sebagai data softcopy dan mempermudah partai politik dalam mencetak semua formulir yang dibutuhkan untuk pendaftaran pencalonan anggota legislatif tahun 2014. (ath-KPU)

Surat Edaran KPU Nomor: 229/KPU/IV/2013 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Pencalonan Anggota DPR, DPD, dan DPRD [lihat disini]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *