SEGERA LAUNCHING, RPP KPU JATIM SIAP BERIKAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT

rpp_up

Bagian-Bagian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur

Surabaya, kpujatim.go.id– Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), memiliki fasilitas baru, berupa Rumah Pintar Pemilu (RPP). Melalui RPP, KPU Jatim siap berikan edukasi kepada masyarakat seputar demokrasi dan kepemiluan.

RPP adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program-aktivitas project edukasi masyarakat. Untuk KPU Jatim, Pembangunan RPP dilakukan dengan menghubungkan ruang media center, ruang server dan dua ex-ruangan anggota KPU.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menuturkan bahwa pembangunan RPP ini adalah program percontohan dari KPU RI. “Yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu  menjadi pusat informasi kepemiluan,” tutur Gogot (14/11/2016).

Sedangkan tujuan khususnya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi, yakni dengan cara memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi (pra-pemilih), meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi (seluruh segmen), serta enanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi (seluruh segmen).

Gogot melanjutkan, di dalam RPP ini memuat materi-materi kepemiluan dan demokrasi. “Ada sejarah pemilu di Indonesia, urgensi pemilu dan demokrasi, sistem pemilu di dunia, sejarah penyelenggara pemilu di Indonesia, peserta pemilu DPR, DPD dan DPRD dari tahun 1955-2014, tahapan penyelenggaraan pemilu, anggota KPU RI 2012-2017, anggota dan Sekretaris KPU Jatim 2014-2019, proses peungutan dan penghitungan suara, Presiden dan Wakil Presiden dari masa ke masa. Semua materi ini disajikan dengan lebih mengedepankan visual dari pada teks, memanfaatkan teknologi digital dan animasi, sehingga lebih partisipatif dan atraktif,” papar Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim.

KPU Jatim juga melakukan inovasi di dalam RPP-nya. “Ada hal yang sedikit berbeda dengan RPP di KPU lain. Misalnya, dengan adanya karikatur penyelenggara pemilu (anggota KPU Jatim-red) di KPU Jatim, karikatur dalam denah tata cara pemungutan suara di TPS, dan adanya permainan ular tangga serta analisis orbit stakeholderpemilu,” ungkap pria kelahiran Magetan ini.

Di akhir wawancara, Gogot menyampaikan bentuk edukasi yang dimaksud berupa visitasi dan invitasi. Maksudnya selain akan mengundang peilih, seperti siswa, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, dan lain-lain, RPP juga terbuka bagi masyarakat yang berinisiatif datang. Masyarakat dipersilahkan untuk mengunjungi RPP KPU Jatim baik personal maupun rombongan. Karena ada berbagai informasi menarik seputar pemilu, film serta permainan/ games demokrasi dan pemilu yang dapat diperuntukkan menambah ilmu serta pengetahuan. RPP KPU Jatim ini rencana akan segera dilaunching bersamaan dengan Training of Trainer (ToT) untuk Komunitas Relawan Demokrasi (KORELASI) KPU Jatim Tahun 2016.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *