RAPAT PLENO TERBUKA, KPU JATIM TETAPKAN DPS 30.385.986 ORANG

Insert: Suasana Rapat Pleno Penetapan DPS Pilgub Jawa Timur di KPU Provinsi.

Surabaya, kpujatim.go.id – Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Provinsi Jawa Timur di Tetapkan sebanyak 30.385.986 Orang Pemilih. Jumlah tersebut, di Tetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) kemudian di Tetapkan menjadi menjadi DPS oleh Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Sabtu (17/3).

Angka DPS sebanyak 30.385.986 Orang itu, di hasilkan dari Proses Rekapitulasi yang telah di lakukan secara berjenjang. Mulai dari Tingkat Kelurahan/Desa, Kecamatan dan Kabupaten/Kota yang ada di seluruh Provinsi Jawa Timur. Itu sudah di lakukan sejak Tanggal 5 Maret sampai dengan Tanggal 16 Maret 2018.

“KPU Provinsi Jawa Timur akan segera melakukan Pengumuman DPS di Kelurahan/Desa maupun di Balai RW/RT di Seluruh Provinsi Jawa Timur,” Ujar Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam.

Pria yang akrab di panggil Anam ini menjelaskan,” Pengumuman DPS akan di mulai Tanggal 24 Maret sampai dengan Tanggal 2 April 2018 nanti.

Tujuan dari Pengumuman DPS, setidaknya mendapatkan Tanggapan dan Masukan dari Masyarakat atau Stakeholder lainnya. Sebab, Masukan dari Masyarakat dan Publik itu sangat penting, sebelum kemudian akan di Tetapkan pada Tahap selanjutnya, yakni menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Jawa Timur.

“Untuk Tahapan di Umumkan menjadi DPT,  Jadwalnya juga sudah ada yakni mulai Tanggal 20 sampai dengan  21 April 2018,” Terang Anam.

Dia menambahkan,” Selain sudah Menetapkan DPS, Hasil dari Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang di lakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), serta Hasil dari Proses Pemetaan TPS, terdapat Penurunan TPS. Dari Perencanaan Awal sebesar 68.084 TPS akan menjadi sebanyak 67.650 TPS.

“Di mana dari sejumlah TPS  sebanyak 47 TPS, di antaranya di alokasikan untuk TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Provinsi Jawa Timur,” Pungkasnya.

Dalam Rekapitulasi sendiri di hadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota Se Jawa Timur, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur, Saksi Tim Kampanye Pasangan Calon Nomor Urut 1 dan 2, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  Provinsi  Jawa Timur, Dinas  Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jawa Timur, Biro Administrasi dan Otoda Provinsi Jawa Timur. (MC – TUNG/BIB/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *