RAKOR PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH HASIL COKLIT PPDP

Insert: Suasana Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Hasil Coklit PPDP

Batuputih,kpud-sumenepkab.go.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batuputih  menggelar Rapat Koordinasi terkait Pemutakhiran Daftar Pemilih bersama Stakeholder Dan Panwas serta PPL se Kecamatan Batuputih. Di Ruang Rapat Sekretariat PPK batuputih (22/02).

Daftar Pemilih merupakan Elemen yang sangat penting dalam Penyelengaraan Pemilihan, baik Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah. Baik dan buruknya Daftar Pemilih akan mempengaruhi baik buruknya Kualitas Penyelenggaraan dan Kualitas hasil Pemilu. Jika daftar Pemilihnya tidak baik, dapat dipastikan proses dan hasil Pemilu akan tidak baik pula. Sebaliknya dengan Daftar Pemilih yang berkualitas, proses dan hasil Pemilu akan menjadi lebih baik.

Dalam Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Redes di beberapa Desa di Kecamatan Batuputih, Intel Polsek Batuputih, PPS se Kecamatan Batuputih, Panwaslu Kecamatan Batuputih. Ini membahas tentang Tahapan yang akan berjalan pada bulan ini, yaitu terkait Data Pemilih dan terkait PPDP yang sudah melakukan Aktifitas Pencocokan dan Penelitian pada tanggal 18 Februari 2018. Dalam Rapat Tersebut membahas berbagai permasalahan yang akan timbul di lapangan dan secara bersama-sama mencari solusinya. Sebab pertemuan ini Antar PPK dan Panwaslu ingin Menyamakan Persepsi sebelum melakukan Pleno Penetapan Daftar Pemilih di Tingkat PPS, terang Amin, Selaku Divisi Mutarlih PPK Batuputih pada pertemuan tersebut.

Ketua PPK Batuputih, Nurus Syamsi, yang membuka Rapat ini mengatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan guna membahas persoalan untuk memasuki masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan diselenggarakan Serentak pada 27 Juni 2018. “Rapat ini kita lakukan untuk Berkoordinasi mempersiapkan keperluan pendukung di Pilkada 2018. Sekaligus kita membahas berbagai temuan yang telah di lakukan oleh Petugas PPDP, sebelum memasuki Tahap Perekapan Data Pemilih di Tingkat PPS,” Jelasnya.

Beliau menambahkan, Data Pemilih tetap adalah hal paling awal untuk diperhatikan memasuki Tahapan Persiapan Pilgub 2018. Oleh karena itu, Stakeholder terkait diharapkan dapat membantu kelancaran Pemutakhiran dan Pencocokan Data Pemilih Tetap.

Hartono, selaku Ketua Panwas Kecamatan Batuputih Mengapresiasi, Rakor yang dilakukan Oleh PPK “Rapat Koordinasi ini sangat penting dilaksanakan untuk membantu kerja teman- teman di lapangan dalam Pelaksanaan Pemutakhiran Data. Saya siap menghubungi Capil, sebab Peran serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, akan mempermudah pekerjaan teman-teman di PPK Batuputih, untuk itu perlu adanya Koordinasi yang baik dalam Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih (MRS/Su/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *