PROFIL SEKRETARIS K P U KABUPATEN SUMENEP

Foto Drs Fajarhman

                                         Drs. Fajar Rahman, M.Si. Sekretaris KPU Kabupaten Sumenep

Fajar Rahman lahir di Sumenep pada tanggal 21 Mei 1964, sejak tanggal 27 Juli 2011 dipercaya sebagai Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Sumenep. Sebelum berkiprah di Komisi Pemilihan Umum Sumenep, kariernya dimulai sebagai penyuluh keluarga berencana sampai menduduki kepala bidang keluarga sejahtera di BPMP dan KB Kabupaten Sumenep, ia dibesarkan di lingkungan keluarga besar ulama kharismatik  Sumenep KH.Fathor Rahman.

Bakat kepemimpinannya sudah terlihat sejak SMP,  semasa SMP ia sudah bergelut di organisasi extra sekolah, baik organisasi keagamaan maupun organisasi yang bergerak di bidang olahraga. Ia sangat yakin, bahwa suatu saat nanti,  apa yang digeluti di organisasi sekarang akan banyak memberi manfaat kepada masyarakat kelak,  dikarenakan kepemimpinan dan pola kerja sama tim  sudah tertanam sejak dini.

Fajar masuk di Sekolah Taman Kanak-Kanak ( TK ), kemudian melanjutkan ke Sekolah Dasar, SMP Ma’arief Sumenep, lalu  ke PGAN Sumenep jurusan Pendidikan Agama.  Setelah lulus PGAN pada tahun 1984, ia nyantri ke pondok pesantren An-Nuqoyah Guluk-Guluk Sumenep. Dua tahun kemudian, melanjutkan ke Perguruan Tinggi,  IAIN Sunan Ampel Surabaya, pada fakultas Ushuluddin Jurusan aqidah dan Filsafat. Pada tahun 1989 dapat menyelesaikan program sarjana muda, dan pada tahun yang sama pula (1989) ia dapat  menyelesaikan studi jurusan Filsafat untuk jenjang Sarjana. Kemudian melanjutkan pendidikannya ke strata 2 di Universitas Wijaya Putra Surabaya pada konsentrasi Magister Adminitrasi Publik.

Seolah kehidupan berorganisasi merupakan bagian dari hidupnya sejak di bangku SMP sudah memulai aktif di organisasi Pelajar baik di intra maupun di exstra sekolah pertama kali sebagai Sekretaris Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama ( IPNU ) Cabang Sumenep, sewaktu di PGAN aktif di OSIS,  semasa  mahasiswa aktif di Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Pendiri Koprasi mahasiswa Fakultas Ushuluddin yang sampai saat ini masih ada, aktif di BPKM IAIN Sunan Ampel sebutan Dewan Mahasiswa, aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ( PMII ) komisariat IAIN Sunan Ampel dan PMII Cabang Surabaya ,  diusia pemuda  menjadi Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sumenep yang sempat membawa ke Jayaan GP. Ansor dimasa reformasi saat itu, Sebagai Ketua Umum  DPD KNPI Sumenep, Ketua Harian Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI ) Kabupaten Sumenep, sebagai Ketua Koprasi Bahtera Kencana , sebagai Pengurus Kehormatan DHC 45 Kabupaten Sumenep.

Pada saat ini masih dipercaya sebagai Sekretaris Dewan Pembina Gerakan Pemuda Ansor Sumenep, sebagai Ketua Dewan Pembina DPD KNPI Sumenep, Pengurus Kehormatan DHC 45 dan sebagai Ketua Koperasi Bahtera Kencana Sumenep.

Disamping tanggung jawabnya sebagai Sekretaris pada Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Sumenep, ia juga aktif sebagai tenaga pengajar di fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik di Universitas Wiraraja Sumenep. Sebenarnya “hobby” mengajarnya sudah di mulai sejak tahun 1990 an, yang sempat mengajar di beberapa Perguruan Tinggi Swasta seperti di  STIT Yanmu Sumenep, STKIP PGRI Sumenep dan Universitas Wiraraja Sumenep. (Hr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *