PROFIL DIVISI TEKNIS PENYELENGGARAAN DAN DATA PEMILIH KPU SUMENEP

Foto Rahbini

                                      Dr. K. Rahbini, M.Pd. Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Sumenep

Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Sumenep, Rahbini berlatarbelakang sebagai akedemisi. Gelar Doktoralnya, pada tanggal 18 Juni 2016 resmi diperoleh, di bidang islamic studies di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, ia menjadi doktor ke 511 lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

 

Karir kepemiluannya, sebelum menjadi Komisioner KPU Sumenep, Rahbini dimulai dari  menjabat sebagai Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Gapura sejak tahun 2008, sampai akhirnya berlabuh sebagai Komisioner KPU Sumenep periode 2014-2019.

 

Selain sebagai seorang akademisi,dia juga aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, disamping itu juga aktif di Forum Silaturrahim Keluarga Mahasiswa Madura Yogyakarta (FsKMMY). Saat ini juga aktif sebagai pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Sumenep, dan juga sekretaris cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumenep.

 

Ia lahir di Sumenep, 18 Mei 1980, pendidikan MI dan MTs 1986-1997 ditempuh di pondok pesantren Al-In’am Banjar Timur Gapura Sumenep. kemudian pendidikan menengahnya diselesaikan di Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) pondok pesantren  Annuqayah Guluk-guluk Sumenep lulus tahun 2000. Semangat untuk terus berjuang di jalur akademik, belum juga pudar pada diri bapak dua anak ini, ditengah kesibukannya mengawal demokrasi di Sumenep, istri saya, Durratul Yatimah banyak menginspirasi.

 

Kemudian hijrah ke kota gudeg Yogyakarta menimba ilmu di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta lulus tahun 2004, atas beasiswa program pascasarjana (BPPS) dari Dikti departemen pendididkan dan kebudayaan, pendidikan Pascasarjananya di selesaikan di Universitas Negeri Yogyakarta lulus pada tahun 2007. (Hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *