PPS NYABAKAN BARAT DAMPINGI PETUGAS PPDP DIHARI PERTAMA PENCOKLITAN

Insert: petugas PPDP saat melakukan pencoklitan di rumah warga

Nyabakan Barat, kpud-sumenepkab.go.id – Sabtu 20 Januari 2018 adalah hari pertama Pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilaksanakan secara serentak diseluruh daerah yang akan melaksanakan pemilukada serentak pada 27 juni mendatang. untuk memastikan proses pelaksanaan pencoklitan secara benar dan sungguh-sungguh.(20/1)

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Nyabakan Barat melakukan pendampingan kepada petugas PPDP yang berkunjung kerumah warga secara door to door untuk melakukan coklit data pemilih tetap (DPT) diwilayah Desa Nyabakan Barat. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada pelaksanaan pencocokan data tersebut.

Raudah salah satu anggota PPS Nyabakan Barat yang juga ikut mendampingi Petugs PPDP menyampaikan, pihaknya melakukan pendampingan kepada beberapa petugas untuk memastikan bahwa petugas PPDP benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar, dan tidak menyelasikan coklit di atas meja saja. ”untuk memastikan bahwa petugas PPDP bekerja dengan susngguh-sungguh dan benar sesuai dengan tugasnya tidak hanya bekerja di atas meja. kami semua PPS Nyabakan Barat beserta staff ikut berkunjung kerumah warga menadampingi petugas PPDP karena ini juga bagian dari kawajiban kami sebagai PPS” tutur Raoda panggilan dari Raudatul Jannah ketiak ditemui disalah satu rumah warga di dusun Karangkeng bersama dengan Sahnatun salah satu petugas PPDP yang sedang melaksanakan tugas coklitnya.

Ditempat lain Ketua PPS Nyabakan Barat Misnawiya juga menegaskan bahwa pendampingan terhadap petugas PPDP itu adalah hasil putusan rapat PPS dan Staf dai menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan pencoklitan, PPS dan Staf melakukan rapat koordinasi pada Jum’at malam (19/01/18) sekitar jam 20.00 WIB di Sekretariat PPS Nyabakan Barat, untuk membahasa penyerahan perangkat kerja, persiapan, serta pelaksanaan pencoklitan. dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan yang diantaranya bahwa Semua PPS dan Staf harus ikut mendampingi petugas PPDP pada pelaksanaan pencolitan khususnya pada hari pertama besok. “ini hasil kesepakatan rapat, bahwa kita sumua (PPS dan staf) harus melakukan pendampingan kepada petugas PPDP untuk mensukseskan pelaksanaan coklit nanti”. Tegasnya.

Dalam pelaksanaan pencoklitan dihari pertama (20/01/18) petugas PPDP Desa Nyabakan Barat mengantongi beberapa temuan yang juga menjadi bahan konsultasi dan diskusi dengan PPS setempat. diantaranya adalah adanya waraga yang tidak masuk dalam daftar pemilih padahal sudah tinggal + 7 tahun di desa tersebut. Ketika ditanya kepada Moh.Hariyanto salah satu anggota PPS Nyabakan Barat prihal tersebut, dia membenarkan adanya petugas PPDP yang menyampaiakan temuannya dan berkoordinasi dengan PPS untuk minta penjelasan. Namun pihaknya meminta petugas PPDP teliti dan bekerja sesua denagan juknis “kalau tidak masuk didalam daftar pemilih silahkan lihat KKnya apakah namanya masuk dalam KK? kalau tidak ada, ya berarti dia belum pindah domisili, datanya masih ditempat asal” tutur Hary.

Ketika ditanya bagaimana menyikapi dan menyelesaiskan temuan-temuan PPDP tersebut Hariyanto menegaskan “kami akan terus berkoordinasi dengan PPK, terkait dengan fakta-fakta dilapangan, yang jelas penyelesaian kita akan selalu berpijak kepada Undang Undang serta PKPU yang mengatur tetang masalah-masalah hak pemilih”. Pungkasnya. (PPK Batang-Batang/ZW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *