PPS LENTENG BARAT, TARGET PPDP DATANGI 7 RUMAH PERHARI

Insert: Suasana Petugas Lenteng Lakukan Coklit Di rumah Warga

Lenteng,kpud-sumenepkab.go.id – 5 (lima) hari kerja, Panitia Pemungutan Suara (PPS) lakukan rapat evaluasi dengan 19 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bertempat di Sekretariat PPS Desa Lenteng Barat. (25/01).

Wildan Mahfudi, selaku ketua PPS Lenteng Barat, menjelaskan alasan dilaksanakannya evaluasi kerja PPDP lebih awal adalah untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi PPDP di lapangan, mengingat  wilayah Desa Lenteng Barat yang sangat luas dengan jumlah daftar pemilih terbanyak dari 20 Desa yang berada di wilayah Kecamatan Lenteng. “Desa Lenteng Barat terdiri dari 19 TPS yang tersebar di 12 dusun, dengan daftar pemilih berjumlah 8908 orang, sebagaimana daftar pemilih yang kami terima dari KPU Sumenep melalui PPK Lenteng yang sedang kita coklit ini”. Terangnya.

Kepada masing-masing PPDP, Wildan meminta laporan tentang sejauh mana PPDP bekerja termasuk juga kendala-kendala yang dihadapinya. Dari laporan yang ada, secara umum kendala yang dihadapi PPDP selama ini adalah cuaca yang kurang bersahabat, jarak tempuh antar rumah warga yang berjauhan dan kondisi rumah tidak ada orangnya terutama waktu siang hari, karena masyarakat Lenteng Barat rata-rata petani. Sehingga untuk melakukan coklit, petugas menunggu waktu yang tepat yaitu pagi, sore dan malam hari.

Walaupun demikian Wildan tidak khawatir, ia sangat yakin kegiatan coklit daftar pemilih selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh KPU, tanggal 18 Pebruari 2018. Karena sebelumnya semua PPDP Lenteng Barat sepakat untuk turun ke rumah warga minimal 7 rumah setiap harinya.

Hal itu dibenarkan oleh Moh. Hodri anggota PPS yang membidangi pendataan, menurutnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan waktu yang ditargetkan, kinerja PPDP lenteng barat memang harus ditarget. “Ini adalah salah satu strategi yang kita lakukan demi mencapai hasil yang maksimal. Kita memberikan target kepada semua PPDP, setiap hari minimal harus turun ke 7 rumah warga sesuai dengan wilayah kerjanya”. Ungkapnya

Dari hasil evaluasi, cara seperti itu ternyata berjalan sangat efektif. “Terhitung sejak tanggal 20 januari 2018 s/d 24 januari 2018, PPDP Lenteng Barat mampu menyelesaikan pencoklitan daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018, sebanyak 1.701 orang dari total keseluruhan 8908 orang daftar pemilih”. Pungkasnya. (Jeff/Hdr/Su)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *