PPS BANMALENG GELAR BIMTEK PENCOKLITAN DATA PEMILIH

Giliraja, kpud-sumenepkab.go.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Banmaleng,  mengadakan Bimbingan Teknis upaya pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pilkada Jawa Timur yang akan digelar pada 27 Juni 2018 nanti. Bimtek pencoklitan itu diadakan di Sekretariat PPS Banmaleng pada Jumat (19/1/) siang. Hadir dalam kegiatan ini antara lain: perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Giligenting, Staf Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) .

Ketua PPK Giligenting, Slamet Readi, menuturkan bahwa pencoklitan itu merupakan upaya pemutakhiran data pemilih. Karena itu, pencoklitan itu nantinya harus didasarkan pada dua hal, yakni: Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh Dispenduk. “Pencoklitan ini dilakukan untuk pemutakhiran data,” katanya.

Sebagai informasi, proses pencoklitan itu akan berlangsung secara serentak di 171 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak sejak tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Nantinya, petugas PPDP akan berkunjung ke rumah-rumah warga secara door to door untuk melakukan coklit Data Pemilih Tetap (DPT) dari hasil sinkronisasi dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4).

Dengan adanya informasi ini, maka tiap-tiap warga atau pemilih diimbau berada di rumah sembari menyiapkan kebutuhan pemutakhiran data itu demi membantu memperlancar petugas PPDP yang berkunjung ke rumah masing-masing.(syid/ZW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − one =