PPK PRAGAAN GELAR BIMTEK PUNTUNGSURA TERHADAP PPS SE WILAYAH KECAMATAN PRAGAAN

Insert: PPK Pragaan saat biomtek bersama PPS dan KPPS

Pragaan, kpusumenep.go.id – Dalam rangka memantapkan persiapan pemilu serentak 2019 PPK Pragaan menggelar bimtek pungut-hitung suara pemilu 2019 terhadap PPS se wilayah kecamatan Pragaan. Acara yg berlangsung di pendopo kecamatan pragaan pada hari kamis, (7 Maret 2019).

acara ini dibuka langsung oleh ketua PPK Imam, S.H.I, Dalam sambutannya imam mengajak pada seluruh peserta bimtek agar benar2 serius mengikuti bimtek dari awal hingga akhir tanpa harus ada yg tertinggal, karna menurutnya salah satu tahapan Pemilu Serentak 2019 yang paling krusial adalah pemungutan dan penghitungan suara. Untuk memantapkan pemahaman dan penyamaan persepsi tentang proses pemungutan dan penghitungan suara, PPK Pragaan perlu mengadakan  Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara lebih awal  kepada  Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Wilayah kecamatan Pragaan.

Melalui bimtek  pemungutan dan penghitungan suara ini bisa menjadi pembelajaran sekaligus mematangkan persiapan penyelenggara dalam menghadapi pemilu nanti.

Lebih lanjut, Ketua PPK  menjelaskan secara detail tentang logistik pemilu mulai dari distribusi logistik, jenis alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Urusan logistik pemilu sangat penting karena sebagai penyelenggara harus mengetahui setiap jenis logistik yang akan digunakan, mulai dari jenis formulir, sampul kertas, surat suara, serta alat kelengkapan TPS lainnya,” jelas imam dihadapan peserta bimtek.

Selanjutnya materi teknis dipandu langsung oleh Asis, S.H.I selaku anggota PPK Divisi Teknis Penyelenggaraan. Secara detil dan sistematis menjelaskan tentang teknis pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan PKPU nomor 3 tahun 2019. Hal-hal mendasar mulai persiapan menjelang hari pemungutan suara seperti distribusi C6 terhadap pemilih, penyiapan TPS oleh KPPS dll. Dari jenis-jenis pemilih yang terbagi menjadi pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK), tugas masing-masing Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), sekaligus pengenalan surat suara serta identifikasi surat suara sah dan tidak sah serta pengisian sertifikat model C dan C1 berholgram yg harus masuk kotak suara untuk kebutuhan rekapitulasi di tingkat PPK atau Kecamatan.

Setelah pemaparan materi peserta diajak secara interaktif untuk menyampaikan tugas dan peran KPPS pada saat pemungutan dan penghitungan suara. Lebih2 ketua KPPS harus memandu pengucapan sumpah dan janji anggota KPPS pada saat sebelum pemungutan suara dimulai. Simulasi sumpah langsung dipraktekkan pada peserta bimtek kemaren dan bertindak sebagai ketua KPPS adalah Devisi teknis dgn memandu pengucapan sumpah yg lansung diikuti oleh peserta bimtek yg dusulap menjadi anggota PPS dalam keadaan berdiri ditempat.

“Apakah saudara siap di sumpah” ? Kata divisi teknis. “Siap” jawab peserta bimtek.

Dibagian akhir acara bimtek  adalah pengisian dan penulisan Formulir C1 untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan by bDPRD Kabupaten/Kota. tetapi hanya khusus pengisian C1 DPRD Kabupaten/kota sesuai latihan soal yg diberikan.(Parmas/zw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *