PPK MANDING: DEMOKRASI TIDAK KENAL BATAS USIA

Insert: petugas PPDP saat melakukan pencoklitan di rumah warga setempat

Manding, kpud-sumenepkab.go.id – Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasimengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.

Pencoklitan serentak pada tgl 20 januari dalam pilgub jatim 2018 telah terlaksana di desa manding timur . PPDP TPS 4 yg didampingi oleh PPS manding timur serta diawasi oleh ppk bserta panwascam dan ppl telah melakukan pencoklitan kesalah satu warga yg hidup sebatang kara, halima seorang nenek berusia 75 tahun yang tinggal di dusun regis rt. 01 rw. 04 desa manding timur kecamatan manding, beliau hidup seorang diri. Semenjak beliau tdak mampu berjalan normal anaknya tiap hari menjeguk untuk merawatnya.(20/1).

Setelah pengecekan data oleh petugas pemutakhiran data (PPDP) selesai, pps desa manding timur memberitahukan lagi kepada nenek halima tentang adanya pilgub jatim 2018, kesan antusias nenek halima keluar ketika beliau secara sepontanitas menanyakan kapan pelaksanaan pemilu tersebut “tangghel 27 bulen mangken?” Tanyanya antusias dengan bahasa daerah yang artinya “tanggal 27 bulan ini ?” Dan beliau pun menanyakan siapa calon gubernur pada pemilihan nanti. Sungguh tak dapat disangka nenek yang sudah renta dengan kondisi fisik yg tak sempurna lagi masih memiliki jiwa demokrasi yang tinggi . Jika masyarakat mmpunyai jiwa demokrasi sprti ini mungkin tidak akan ada kata golput pada kehidupan kita.(Ppk Manding/ZW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *