PPK LENTENG; PEMBENTUKAN PPDP DI WILAYAHNYA RAMPUNG

Lenteng, kpud-sumenepkab.go.id – Sejak diterimanya Surat Edaran KPU Sumenep tertanggal 13 Desember 2017 yang berisi instruksi pembentukan Petugas Pemutaakhhiran Data Pemilih (PPDP), PPK Lenteng dg sigap melakukan rapat koordinasi dan bimbingan teknis tentang rekrutmen PPDP kepada PPS se-kecamatan Lenteng pada tanggal 15 Desember 2017 lalu bertempat di sekretariat PPK Lenteng.

Dalam pertemuan tersebut, Hamdan selaku Divisi Mutarlih menyampaikan bahwa hendaknya PPS dalam melakukan rekrutmen PPDP harus hati-hati dan mengacu serta berpedoman pada PKPU Nomor 2 tahun 2017, terkait syarat dan ketentuan calon PPDP maupun ketentuan2 lainnya yg berhubungan dg rekrutmen PPDP.

“Kita PPK Lenteng tidak ingin dalam rekrutmen PPDP, PPS asal rekrut dan hanya berdasar pada hububungan kekeluargaan dan kedekatan saja, tp PPS dalam rekrutmen PPDP harus tetap berdasar dan berpedoman pada PKPU”. Ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua PPK Lenteng, Abd. Gani menjelaskan, Untuk Kecamatan Lenteng saat ini dibutuhkan sekitar 123 Petugas Pemutaakhhiran Data Pemilih (PPDP) sesuai jumlah TPS yg ada dan tersebar di 20 desa se-kecamatan Lenteng, dengan rincian; 1). Banaresep Timur 8 TPS 2). Banaresep Barat 4 TPS 3). Bilapora Rebba 7 TPS 4). Cangkreng 6 TPS 5). Daramesta 6 TPS 6). Ellak Daya 7 TPS 7). Ellak Laok 7 TPS 8). Jambu 2 TPS 9). Kambingam Barat 3 TPS 10). Lembung Barat 6 TPS 11). Lembung Timur 7 TPS 12). Lenteng Barat 19 TPS 13). Lenteng Timur 10 TPS 14). Meddelan 5 TPS 15). Moncek Barat 3 TPS 16). Moncek Tengah 5 TPS 17). Moncek Timur 5 TPS 18). Poreh 7 TPS 19). Sender 3 TPS 20). Tarogan 3 TPS, tolal keseluruhan 123 TPS.

Walaupun demikian, banyaknya jumlah TPS yg ada di kecamatan lenteng, hal itu tidak menyurutkan semangat PPS untuk bekerja maksimal dan menyelesaikan rekrutmen PPDP sesuai dedline waktu yg diberikan oleh KPU Sumenep. Pada pertemuan tersebut semua PPS sekecamatan Lenteng justru sepakat maksimal akan menyelesaikan rekrutmen PPDP pada tanggal 25 Desember 2017, sedangkan KPU meminta rekrutmen PPDP harus diselesaikan sebelum tanggal 1 januari 2018. Alhasil, pada tanggal 23 Desember 2017, PPS sekecamatan Lenteng serentak mengirim soft copy dan berkas-berkas data calon PPDP kepada PPK Lenteng.

Mulai tanggal 24 Desember 2017, PPK Lenteng melakukan penelitian dan pencocokan data soft copy dg berkas-berkas calon PPDP yang dikirim PPS kepada PPK Lenteng, mulai dari kesesuaian Nomor NIK, Nama, Tetala, Alamat, Ijazah, dll. Walaupun dalam proses sempat ada sedikit kendala, namun berkat kegigihan PPS kendala tersebut bisa diatasi melalui cara berkomunikasi dan koordinasi dg pihak-pihak terkait.

Setelah semua dianggap liner dan rampung, PPK lenteng pada tanggal 25 Desember 2017 mengirim data soft copy calon PPDP ke KPU melalui Email; subbag_programdandata, sedangkan berkas-berkas calon PPDP dikirim langsung ke KPU oleh PPK pada tanggal 28 Desember 2017 bersamaan dengan berkas Sekretariat PPK, Sekretatiat PPS dan berkas hasil Verifikasi PARPOL. (PPK Lenteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *