PPK LENTENG, LAKSANAKAN SOSIALISASI TATA CARA PENGANGKATAN PPS PADA PEMILU 2019

Insert: Suasana Sosialisasi Tata Cara Pengangkatan PPS se Kecamatan Lenteng pada Pemilu 2019.

Lenteng, kpud-sumenepkab.go.id – Sebagai tindak lanjut dari acara Sosialisasi KPU Sumenep, Rabu (21/02/18) bertempat Aula STKIP PGRI Sumenep, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lenteng, melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Tata Cara Pengangkatan Kembali Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 sebagai Penyelenggara Pemilihan Umum Tahun 2019. Sabtu, (24/02). Kegiatan yang bertempat di Pendopo Kecamatan Lenteng ini, berlangsung mulai pukul 13.00 WIB dengan jumlah peserta 80 orang, 20 orang dari unsur Sekretaris PPS dan 60 orang berasal dari unsur Ketua dan Anggota PPS se Kecamtan Lenteng.

Abd. Gani, Ketua PPK Lenteng menjelaskan, tujuan diselenggarakannya Kegiatan Sosialisasi ini adalah sebagai bentuk Evaluasi atas Kinerja Ketua dan Anggota PPS Kecamatan Lenteng selama  Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Tahun 2018. sekaligus memberikan Penilaian antar sesama PPS, dilanjutkan dengan Penilaian PPK terhadap PPS untuk kemudian ditetapkan kembali oleh KPU Sumenep, sebagai Penyelenggara Pemilihan Umum di Tahun 2019.

“Kami atas nama PPK Lenteng, meminta kepada semua PPS dan Sekretaris PPS se Kecamatan Lenteng, untuk memberikan Penilaian yang Baik dan Obyektif, artinya tidak hanya karena faktor Sentimen pribadi, dan adanya kepentingan sesaat kemudian saling melemahkan dan menjatuhkan, sedangkan yang bersangkutan selama ini bekerta dengan baik. Demikian juga sebaliknya, kalau bekerja tidak baik, jangan kasih nilai baik, karena Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019 lebih berat”. Jelas Gani.

Hal serupa disampaikan oleh Jufriyadi Divisi Sosialisasi Parmas dan Hukum, yang bertindak sebagai Pemateri dalam Kegiatan ini. Menurutnya, dalam hal Evaluasi  dan Penilaian Kinerja PPS ini, PPK Lenteng mengacu pada Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2018, “Setidaknya ada tiga hal yang menjadi tolak ukur sekaligus menjadi Subtansi dari Penilaian Kinerja PPS ini, Pertama, Integritas Kedua, kerjasama dan ketiga, Independensi”. Jelasnya.

Setelah Penyampaian materi dan Tata Cara Pengisian Kuisioner bagi PPS se Kecamatan Lenteng, Peserta diminta langsung mengisi Form tersebut, kemudian diserahkan kepada PPK Lenteng.

Acara berlangsung dengan khidmat hingga pukul 16.00 WIB, kemudian ditutup dengan Pembacaan Do’a bersama. (Jeff/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *