PPK KECAMATAN BATUAN HADIRI PERTEMUAN RAKER KEDUA YANG DI SELENGGARAKAN OLEH KPU KABUPATEN SUMENEP

Insert: Suasana Raker Kedua Oleh KPU Sumenep Bersama PPK Se Kecamatan Sumenep

Batuan,kpud-sumenepkab.go.id – Bertempat di Aula STKIP Sumenep, KPU Sumenep mengadakan Rapat Kerja (RAKER)  PPK dan sekretariat PPK se Kabupaten Sumenep. Rapat tersebut merupakan Rapat Kerja kedua setelah sebelumnya dilakukan Rapat Kerja di tempat yang sama. Susunan acara pada pertemuan tersebut juga sama dengan pertemuan sebelumnya yaitu ada pembacaan Yasin,kemudian penyampaian materi, tanya jawab, dan penutup doa.(17/02).

Penyampaian materi disampaikan oleh Anggota KPU dan Kasubbag Bagian Program dan Data. Menurut Abdul hadi, M,Pd selaku Anggota KPU Bagian SDM dan Partisipasi Masyarakat, mengutarakan bahwa, antara PPK, Sekretaris dan KPU menginginkan kerja yang selama ini langsung beriringan antara KPU dengan PPK, ini bisa diselesaikan dengan baik sesuai dengan Tahapan di PKPU.

Penyampaian materi selanjutnya disampaikan oleh dr. Rahbini selaku Perencanaan dan Data mengenai Pemutakhiran Pemilih hasil pantauan dari Pemutakhiran Pemilih. pada tahap Coklit ini memang menjadi sesuatu yang sangat Sensitif untuk dijadikan sebuah masalah, apalagi dengan Pasangan Calon yang hanya terdiri dari dua Calon saja, menjadi pertarungan yang luar biasa.

Oleh karena itu, kita semua harus bekerja sama dengan baik secara tuntas dan teliti. Sejak tahun 2009 KPU Sumenep terus merangkak naik mengenai tanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya sebagai Penyelenggara. Walaupun juga terdapat beberapa kekurangan yang perlu kita perbaiki bersama, guna mengevaluasi setiap Kinerja kita.
Menurut dr. Rahbini selaku Divisi Pemutakhiran Data, hal ini tidak menutup kemungkinan, KPU akan memeriksa Buku Kerja PPDP dibantu oleh PPK dan PPS, karena itu menjadi bukti kita bahwa kita sudah melaksanakan semua pekerjaan kita dengan baik, disisi lain beliau juga memberikan nasehat kepada seluruh PPK se Kabupaten Sumenep, untuk selalu memastikan bahwa buku PPDP aman.

Acara selanjutnya, Perwakilan PPK dari setiap Kecamatan melaporkan hasil Coklit. Adapun hasil Coklit yang telah disampaikan rata-rata Diatas 90% bahkan ada yang sudah 100%.

Kemudian Henri Wijaya, S.IP selaku Kasubbag Program dan Data juga menyampaikan beberapa hal terkait Tahapan Coklit, diantaranya dalam PKPU No. 2 ada Form yang harus diperhatikan semisal model AA 1 dan AA3, jadi Pemilih Baru ini ditulis kemudian disalin menjadi Soft Copy oleh PPS dibantu PPK, sedangkan model AA3 Tahapannya sampai tanggal 18, menurut beliau walaupun sudah ada yang 100% jangan langsung di salin tetapi perlu diperhatikan kembali menyesuaikan dengan PKPU No. 1 dan PKPU No. 05 dan arahan dari beliau, PPK sering-seringlah malakukan Monitoring dan Evaluasi. Ketika Henri Wijaya, S.IP selaku Kasubbag Program dan Data usai menyampaikan materi,semua PPK diberikan waktu untuk menyampaikan beberapa pertanyaan yang belum dimengerti, hasilnya hampir semua PPK dari masing-masing Kecamatan bertanya secara langsung, hal ini membuktikan bahwa Raker kedua merjadi komunikasi dua arah.

Selanjutnya Ach. Zubaidi, S.HI Anggota KPU Bagian Hukum, sedikit memberikan nasehat kepada semua PPK, hal ini terkait dengan kesalahpahaman yang sering terjadi antara PPK, PPS, Panwascam, dan PPL. Oleh sebab itu, teman-teman untuk lebih konsentrasi lagi, dan sebaiknya membaca lagi aturan-aturan, terutama Peraturan mengenai Pendataan, jika ada yang tidak sesuai dengan Panwascam, sampaikan saja aturan yang ada di PKPU (PPK/Su/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *