PPK KANGAYAN RAKOR DENGAN PPS DI WILAYAHNYA

Kangayan, kpud-sumenepkab.go.id – Minggu (24/12) PPK Kec. Kangayan telah melakukan rapat koordinasi bersama PPS se-Kecamatan Kangayan dalam rangka pangangkatan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Dalam rapat koordinasi yang di pimpin langsung oleh Divisi SDM,Sosialisasi dan Parmas. M.M.Munir, serta di hadiri oleh anggota PPK lainnya dan seluruh PPS se- Kecamatan Kangayan yang berjumlah 9 Desa. Rapat tersebut juga dhadiri oleh beberapa anggota  Panwas Kec. Kangayan yaitu bapak suryadi S.si dan Bapak Samsul Arifin.

Dalam kesempatan itu M.M.Munir memaparkan tahapan-tahapan pemilihan pilkada 2018, sebagaimana yang termaktum dalam PKPU 17. Munir juga menyampaikan  tentang pembentukan petugas PPDP yang harus sudah terbentuk pada akhir Desember, yaitu sebelum tanggal 31 Desember 2017 sesuai dengan instruksi KPU Kab.Sumenep. “saya berharap teman-teman PPS bisa menyetorkan berkas dan nama-nama petugas PPDP sebelum tanggal 31 Desember 2017 ini”. Pungkas Munir dalam acara RAKOR dan BIMTEK tersebut.

Penuturan dari saudara Munir selaku divisi SDM ,sosialisasi dan Parmas ini, juga di perkuat oleh Ahmad Darsuki selaku divisi Mutarlih, dirinya mempertegas bahwa PPS dalam mengusulkan petugas PPDP harus benar-benar orang yang mengenal situasi lingkungan tempat tinggalnya seperti RT dan RW. Menurut Ahhmad Darsuki Pengumpulan Berkas  PPDP ke PPK Kangayan di bagi menjadi 2 tahapan yaitu pada tanggal 27 Desember 2017 adalah tahapan pengumpulan berkas softcopy petugas PPDP sedangkan tahapan pengumpulan berkas hardcopy dikumpulkan pada tahap kedua yaitu tanggal 29 Desember 2017.

Diakhir acara M.M.Munir selaku pimpinan RAKOR pada hari itu  juga menginstruksikan kepada panitia pemungutan suara (PPS) untuk mengangkat petugas PPDP sesuai aturan PKPU yang ada. Pihaknya berharap kepada PPS untuk merekrut petugas PPDP dengan sungguh-sungguh dan selektif serta bisa bekerja dengan profesional, sebab hal ini berkaitan dengan data pemilih. “Nanti petugas PPDP akan di bimtek langsung oleh KPU & quo”, imbuh  Munir.

Tentu banyak masyarakat yang bertanya-tanya, kenapa dalam Rakor dan Bimtek tersebut PPK Kangayan, mampu mendatangkan PPS dengan akses yang cukup sulit. Itu semangat dari PPS se-Kecamatan Kangayan, kami memang sengaja memebrikan contoh untuk bisa tanggung jawab dalam tugas, walaupun aksesnya cukup sulit. Jawab singkat dari M.M. munir, selaku pimpinan rakor.

Ucapan terima kasih yang sangat mendalam jg disampaikan oleh sayuti sebagai moderator dalam acara tersebut kepada seluruh PPS se-kecamatan kangayan atas kehadirannya terutama wilayah selatan yaitu desa Batu Putih,Cangkramaan dan Tembayangan yang aksesnya sangat terbatas kalau tidak lewat laut,jalan kaki melewati perbukitan dan hutan. Juga PPS desa Saobi yang letaknya terpisah dari pulau kangean,akses hanya menggunakan perahu. (PPK.Kangayan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *