PPK KALIANGET LAKUKAN SOSIALISASI TATA CARA PENGANGKATAN PPS SEBAGAI PENYELENGGARA PEMILU 2019

Insert: PPK Kalianget lakukan Sosialisasi Tata Cara Pengangkatan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Kalianget, kpud-sumenepkab.go.id – Menindak lanjuti hasil Raker bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kalianget melakukan Sosialisasi Tata Cara Pengangkatan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan, pada Pilgub Jatim 2018 sebagai Panitia Pemilu 2019 mendatang, di Aula Kantor Kecamatan Kalianget, Jum’at (23/02) sekitar pukul 15.00 WIB.

Ketua PPK Kalianget, Moh Suadi menjelaskan, kegiatan Sosialisasi itu, merupakan Intruksi dari KPU Sumenep, mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemilihan Umum dan PKPU no 3 Tahun 2018, Tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK dan PPS dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Umum.

“Utamanya pada pasal 37 menyatakan, bahwa Anggota PPK dan PPS pada Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dapat diangkat sebagai PPK dan PPS dalam Penyelenggaraan Pemilu dengan ketentuan, pertama masih memenuhi syarat sebagai Anggota PPK dan PPS.

Dilakukan Evaluasi dan Penilaian terhadap Kinerja yang bersangkutan, pada saat menjabat sebagai Anggota PPK dan PPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota,” Terangnya.

Menurutnya, kegiatan Sosialisasi berjalan sesuai dengan harapan. Semua Anggota PPS dapat mengikuti jalannya Sosialisasi secara tertib, dan dapat mencermatinya,”Alhamdulillah kegiatan Sosialisasi dapat berjalan dengan baik, ” Kata Suadi.

Usai pemaparan, lanjut Suadi, semua Anggota PPS dan Sekretarisnya, diberikan kuisioner untuk memberikan Penilaian terhadap masing-masing Anggota di PPS tersebut.

“Sesama ketiga Anggota PPS akan sama-sama memberikan Penilaian sesuai Kinerjanya, dengan mengisi kuisioner yang sudah kami sediakan, dan Petunjuk yang tadi disampaikan saat Sosialisasi, selain itu Sekretaris PPS juga diberi kesempatan untuk memberikan Penilaian ke 3 PPS, ” Imbuhnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap PPS dapat memberikan Penilaian yang Objektif sesuai Kinerjanya. Sehingga, tidak ada niat saling menjatuhkan diantaranya. “Kami harap Penilaiannya Objektif dan tidak saling menjatuhkan, ” Pungkasnya.

Tambah Suadi, usai Penilaian, hasilnya akan diberikan kepada KPU Sumenep, untuk kemudian menjadi Evaluasi Kinerja dari PPS yang ada di Kecamatan Kalianget. “Nanti semuanya akan diberikan ke KPU Sumenep. (AP/PPK Kalianget/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *