PPK DUNGKEK LAWAN HUJAN DAN OMBAK, DEMI PENCOKLITAN SERENTAK DI KEPULAUAN

Insert: Suasana Perjalanan Lewat Jalur Laut Untuk Melakukan pencoklitan

Dungkek,kpud-sumenepkab.go.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dungkek laksanakan sosialisasi pencoklitan serentak berkaitan dengan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur tahun 2018 bersama semua PPS dan PPDP Pulau Giliyang Desa Banraas dan Bancamara  Sabtu (20/01) di Balai Bancamara.

Sosialisasi pencoklitan serentak untuk para PPDP pulau Giliyang itu, di hadiri ketua PPK Divisi Mutarlih dan Divisi sosialisasi dan 1 anggota panwascam, Kasdu.

Moh. Syaifullah, divisi Mutarlih menuturkan bahwa pulau Giliyang memang diagendakan oleh PPK untuk dilakukan sosialisasi khusus terkait pencoklitan serentak. Dan telah kami jadwal beberapa hari sebelum sosialisasi pencoklitan serentak di darat. Sehingga cuaca tak menentu, lebatnya hujan dan amukan ombak, bukan alasan menggagalkan ke Giliyang.

Selain itu, hal penting yang perlu saya sampaikan pada PPS dan PPDP kepulauan, diantaranya bahwa DP4/data pemilih harus dikonsultasikan dengan Apel, RT/RW atau Redes, apa sesuai atau tidak. Sehingga PPDP bekerja/mendata tidak asal-asalan, dan hasilnya bisa dipertangung jawabkan, tuturnya.

Terkait sosialisasi pencoklitan serentak, menurut Rasuki selaku PPK bagian sosialisasi memaparkan bahwa PPDP tidak bisa kerja di atas meja. DP4/data pemilih yang didapatkan dari KPU harus disesuaikan dengan KTP pemilih dengan cara PPDP melakukan verifikasi ke masyarakat. “jadi, PPK Dungkek turun ke pulau Giliyang dengan maksud ingin memeriksa dan memastikan kesiapan PPDP kerja secara serentak,” paparnya.

PPDP, selain verifikasi data pemilih, juga bisa memberikan sosialisasi Pilgub tahun 2018 yang bertepatan pada tanggal 27 juni mendatang. Karena memang Kerja PPDP harus berbasis keluarga, sehingga data yang dihasilkan valid. Validitas data yang dihasilkan PPDP tidak mungkin ada yang mempermasalahkan. Bahkan kalau Panwas melakukan verifikasi pula, persoalan data pemilih semuanya beres, ujarnya.

“Selain itu, PPDP haru membuat laporan sesuai dengan hasil telah dilakukan dan harus disertai dokumen. PPDP juga diharapkan bekerja sesuai deadline. “jangan kerja hanya sehari. Kalau demikian sama halnya dengan bekerja dibalik meja,” tambahnya.(PPK/Su)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *