PPK BIMTEK COKLIT KEPADA PPS NONGGUNONG

insert : Bimtek dilaksanakan secara lesehan

Nonggunong-Sumenep,-. Jelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 9 Desember 2020 mendatang, PPK Kecamatan Nonggunong Minggu, (12/7/2020), mengggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan tahapan  Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih.

Bimtek tersebut dilaksanakan di salah satu lembaga pendidikan di desa Somber Kecamatan  Nonggunong, dihadiri oleh Ketua PPK beserta seluruh anggota PPK dan seluruh PPS se Kecamatan Nonggunong.

Ketua PPK Kecamatan Nonggunong, Zainul Hasan mengatakan, Bimtek ini dilaksakan dalam upaya mempersiapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang nanti akan dilakukan oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih). “Bimtek ini kita gelar untuk PPS. Selanjutnya besok kita akan menggelar bimtek kepada Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di masing-masing desa. Dalam setiap tahapan Kita tetap melaksanakannya sesuai dengan protokol Covid -19,” katanya.

Zainul Hasan menjelaskan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) itu merupakan ujung tombak dalam melakukan pemutakhiran data pemilih dan PPDP mengemban tugas yang sangat penting, yakni melayani hak konstitusional warga Negara dalam menggunakan hak pilihnya. Disamping itu juga PPS agar sering melakukan sosialisasi terkait Coklit nanti, karena PPDP pada saat mencoklit akan menggunakan prosedur sesuai dengan protokol Covid-19, yaitu menggunakan APD (seperti sarung tangani, masker dll, jaga jarak dan selalu cuci tangan).

“Bimtek PPDP nanti harus tepat dalam pencocokan data serta teliti dalam bekerja dan dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, salah satunya adalah para RT/RW di setiap wilayah TPS dan Kepala Desa di tingkat Desa. Yang tak kalah pentingnya juga kita dalam waktu dekat akan dilakukan rapid test, terutama PPDP sebelum bekerja,” ungkap Zainul Hasan.

Selain itu, lanjut Dody Heriyanto, PPDP nantinya wajib menggunakan Buku Kerja dalam melaksanakan tugas tersebut. “Buku Kerja dimaksud untuk menjadi buku panduan di lapangan, sekaligus sebagai catatan kerja PPDP untuk akuntabilitas proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit),” tutupnya.

“Sementara Bimtek bersama PPS dan PPDP akan dilaksanakan pada Senin, 13 Juli 2020 secara bersesi, dengan cara Anggota PPK mendatangi PPS masing-masing. Sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan”. Kata Ahmad Faruq Dev. SDM dan Parmas PPK Nonggunong.

Lebih lanjut, Ahmad Faruq, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa semua peralatan APD PPDP ditanggung KPU Sumenep termasuk biaya rapid test dan dijadwalkan akan sampai di Nonggunong pada tanggal 14 Juli 2020. ( Team Ngg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *