PPK BATUAN BERHARAP HASIL EVALUASI KINERJA PPK SESUAI PROSEDUR DAN OBJEKTIF

Insert: Suasana Perampingan PPK Oleh KPU Kabupaten Sumenep

Batuan, kpud-sumenepkab.go.id – KPU Kabupaten Sumenep, mengadakan pertemuan kembali dengan seluruh PPK dan Seketaris PPK se Kabupaten Sumenep di Aula STKIP Sumenep. Pertemuan tersebut merupakan Sosialisasi cara Pengangkatan PPK dan PPS serta menjadi forum Evaluasi Kinerja. Hal ini sesuai dengan Amanat UUD 2018, bahwa Legislatif dan Pilpres 2019 sebanyak 3 orang PPK yang tercantum dalam UU 57 pasal 13, selain itu merupakan surat Keputusan KPU RI Nomor 31 tentang Evaluasi dan Penetapan kembali PPK dan PPS pada Pemilu yang akan datang tutur Dr. Rahbini dalam sambutannya selaku Divisi Perencanaan dan Data (21/02/2018).

Terbitnya UU No. 7 tahun 2017 yang berisi bahwa ada Perampingan jumlah PPK yang sebelumnya berjumlah 5 menjadi 3 orang saja, ini membuat perasaan semua PPK terutama PPK Batuan khawatir dan dag dig dug. Namun 2 orang tersebut yang tidak terpilih tidak perlu khawatir, karena masih dapat bekerjasama dengan KPU maupun PPK yaitu sebagai Staf Ahli di masing-masing Kecamatannya. Menanggapi kekhawatiran tersebut, Dr. Rahbini angkat bicara memberikan Motivasi kepada semua PPK, bahwa dalam hal ini sudah biasa dan menghimbau, jangan sampai mengendorkan semangat dalam mengawal Demokrasi Pemilu 2018, ini hanya Regulasi saja. Mungkin ini Rotasi bersama tapi di tempat yang berbeda.

Panduan Evaluasi Kinerja Panitia PPK dan PPS, disampaikan oleh Abd Hadi selaku Divisi SDM dan PARMAS, beliau menyampaikan beberapa hal terkait cara Pengisian Penilaian Evaluasi antar PPK, selain itu juga sedikit memberikan Motivasi kepada seluruh PPK. Salah satu himbauanya yaitu semua PPK dimohon untuk Mengerti, Memahami dan Menguasai, cara Pengisian, Penilaian dan Evaluasi, hal ini dikarenakan nanti PPK akan memberikan Bimtek terkait Pengisian Penilaian tersebut terhadap PPS.

Penilaian itu dilakukan bukan untuk menjatuhkan teman atau merasa lebih hebat daripada yang lain. Akan tetapi Jadilah cahaya tanpa mengurangi cahaya lain. Dan itu lebih nikmat, (ujar abd Hadi).

Tata cara Pengisian, Penilaian dan Evaluasi yaitu, PPK akan menilai semua temannya dan Sekretaris akan menilai semua PPK. Adapun Subtansi penilaiainnya terdiri dari (1) Integritas yaitu harga mati dan tidak bisa ditawar, hal tersebut terkait dengan bagaimana Moralitas dalam Penyelenggaraan.(2) Kerjasama(yaitu memiliki hubungan kerjasama yang baik antar PPK, dengan Tokoh masyarakat, PPS dan Stakeholder. (3) Independensi dalam hal tersebut KPU sudah menganggap semua PPK memenuhi syarat, sedangkan penilaiannya mnggunakan daftar pertanyaan tertutup. Pengisian jawaban dengan memberikan tanda centang, Penilai akan memberikan jawaban terhadap pernyataan dalam lima kategori yang telah dibuat oleh KPU.

Pada Evaluasi kali ini semua PPK Batuan yaitu Fikri, Anwar, Ahmadi, Edi dan Ruka’iya menghadiri Forum yang penuh ketegangan. Begitu pula dengan Sekretaris PPK batuan.

Menurut Ruka’iya salah satu Anggota PPK Batuan, menyampaikan bahwa kita selaku PPK tidak perlu khawatir jika ada di antara kita semua tidak terpilih, dan Evaluasi ini perlu kita hadapi, semangat untuk mengawal Demokrasi Pesta Pemilu, dan Pemilihan yang di definisikan sebagai Guyub Rukun bagi (Pasangan Calon) Paslon, harus juga tertular pada kita untuk selalu rukun walaupun di Pemilihan yang akan datang hanya terdiri dari 3 orang dan 2 lainnya akan diganti menjadi Staf Ahli di PPK tersebut. Oleh karena itu mari tetap semangat dan menjaga kekompakan kita bersama (PPK/Su/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *