PPDP GAPURA TELAH TERBENTUK

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim)  2018, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Gapura telah menyelesaikan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan berkasnya sudah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep hari ini (29\12).

Di sela-sela penyerahan berkas PPDP, Abd. Rahem, PPK Kecamatan Gapura, Divisi Perencanaan dan Data, kepada petugas penerima berkas KPU Sumenep mengatakan, “Sesuai arahan Rahbini, Komisioner KPU Sumenep,  kami menginstruksikan pada PPS se-Kecamatan Gapura untuk memilih calon PPDP yang benar-benar kompeten dan siap turun ke lapangan untuk memutakhirkan data. Satu orang saja tak terdata padahal menenuhi syarat untuk memilih, kita sama dengan mencabut hak konstitusional seorang warga negara yang dilindungi undang-undang. Hal semacam ini tak boleh terjadi. Itulah kenapa, kepada PPS kami mewanti-wanti untuk memilih calon PPDP yang tidak hanya siap bekerja tetapi juga mengenali masyarakat di wilayah bakal kerjanya,” tegas anggota PPK Kecamatan Gapura yang akrab dipanggil Rahem ini dengan nada sungguh-sungguh.

Hal senada disampaikan oleh Abdul Hadi, Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) ini mengatakan pentingnya calon PPDP memiliki kecakapan dalam melakukan sosialisasi. “Selain melakukan pendataan door to door, PPDP juga harus melakukan penyadaran pada masyarakat agar menggunakan hak suaranya saat Pilgub Jatim pad 27 Juni tahun depan,” ujar Hadi.

Diterimanya berkas PPDP PPK Kecamatan Gapura oleh KPU Sumenep menandai  tahapan penyelenggaraan Pilgub Jatim dilaksanakan dengan sungguh. Setelah sebelumnya dilakukan rapat koordinasi (rakor) dan bimbingan teknis (bimtek) dengan PPS se-Kecamatan Gapura, bersama PPK se-Kabupaten Sumenep, PPK Kecamatan Gapura akan dibimbing oleh KPU Sumenep untuk menyiapkan seluruh PPS dan PPDP se-Kabupaten Sumenep menuju tahapan pencocokan dan penelitian (Ar/Hd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *