PILBUP SUMENEP 2020, DIPASTIKAN TIDAK ADA CALON PERSEORANGAN

insert : Tampak petugas berjaga di desk penyerahan syarat dukungan calon Perseorangan

kpusumenep.go.id,-. Hari Minggu (23/2) pukul 24.00 WIB merupakan tahapan batas akhir penyerahan berkas syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 dari jalur perseorangan. Namun sampai batas waktu akhir tidak ada yang menyerahkan dukungan calon perseorangan.

Rahbini, Komisioner KPU Sumenep Divisi Teknis menyampaikan, pihaknya sudah buka lapak sejak awal dan terutama pada masa penyerahan dukungan, namun ternyata nihil.

“Dengan tidak adanya pasangan calon yang berangkat dari perseorangan, itu artinya nanti kontestasi politik peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 praktis akan diikuti oleh calon dari partai politik atau gabungan partai politik yang akan mengusung jagoannya,” katanya.

“Itu artinya lapak jualan kami lewat jalur perseorangan tidak laku,” jelasnya sambil tersenyum simpul.

Beratnya syarat yang harus dipenuhi mungkin menjadi salah satu penyebab sulitnya pasangan calon yang akan berangkat dari perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun ini. Seperti disampaikan beberapa waktu lalu  bahwa untuk pasangan calon yang akan berangkat dari jalur perseorangan harus mengambil user name dan pasword ke KPU Sumenep sebagai pintu masuk pengoperasian aplikasi SILON (Sitem Informasi Pencalonan).

“Akan tetapi sampai dengan dibukanya desk penyerahan berkas sampai dengan berakhirnya waktu yang ditentukan tidak ada satupun petugas penghubung (LO) yang menyerahkan mandat untuk pengambilan user name dan password tersebut,” tegasnya.

Rahbini menjelaskan, untuk bisa nyalon dari jalur perseorangan harus mengumpulkan dukungan E-KTP 65.458 dan tersebar minimal di 14 kecamatan. Kemudian dukungan tersebut di upload ke aplikasi Silon.

“Sekali lagi bisa dipastikan bahwa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 di Kabupaten Sumenep nihil dari peserta perseorangan,” tutup Rahbini. (hr/hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *