PERSIAPKAN PEMILU TAHUN 2019, KPU JATIM AKAN GELAR RAKOR VERIFIKASI PARPOL

Undangan Rapat Koordinasi Verifikasi Partai Politik

Surabaya, kpujatim.go.id- Dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif  Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) akan menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama KPU Kabupaten/ Kota Se-Jatim besok, hari Selasa dan Rabu, tanggal 30-31 Mei 2017 di hotel Luminor, jalan Jemursari Nomor 206-208 Surabaya. Rakor diagendakan akan membahas persiapan pengaturan dan kebijakan KPU mengenai verifikasi partai politik peserta Pemilu Tahun 2019.

Kepala Bagian Hukum; Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Slamet Setijoadji menuturkan bahwa rapat koordinasi dengan KPU Kabupaten/ Kota ini sebagai tindak lanjut dari bimbingan teknis yang dilakukan KPU RI terkait sosialisasi SIPOL (7/3). “Untuk itu, di dalam rakor, utamanya akan memperkenalkan sistem berbasis informasi teknologi (IT) dengan nama Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang dibangun oleh KPU, kepada KPU Kabupaten/ Kota,” kata Slamet (29/05/2017).

Menurut Slamet, SIPOL adalah salah satu jenis aplikasi yang KPU bangun dan siapkan untuk mempermudah proses verifikasi partai politik. “Dengan aplikasi SIPOL seluruh tahapan verifikasi menjadi terbuka. Sehingga, hal ini juga akan membuat pekerjaan KPU lebih efektif dan bisa lebih dipertanggungjawabkan,” jelas Kabag Hukum; Teknis dan Hupmas KPU Jatim ini.

Selanjutnya, Kepala Subbagian (Kasubbag) Hukum KPU Jatim, Wiratmoko Iman Santoso menyampaikan bahwa dengan tersosialisasinya SIPOL ke KPU Kabupaten/ Kota diharapkan akan memberikan pemahaman kepada KPU Kabupaten/ Kota. “Dengan demikian, nanti ketika ada parpol yang mengalami kesulitan atau memiliki masalah ketika mengisi SIPOL atau melakukan verifikasi, dan meminta bantuan ke KPU setempat, KPU Kabupaten/ Kota dapat membantu,” ujar pria yang akrab disapa Moko ini.

Diundang untuk menghadiri rakor yakni, Divisi Hukum dan Kasubbag Hukum KPU Kabupaten/ Kota. Masing-masing peserta pun diminta membawa laptop untuk kebutuhan simulasi.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *