PERSIAPAN COKLIT, PPK GAYAM CERAHKAN PPS DENGAN GELAR BIMTEK

insert : pembukaan Bimtek PPS oleh PPK Gayam

Gayam-SUMENEP ,-.  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Gayam, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Gayam. Bimtek tersebut dilakukan untuk mempermudah PPS dalam mendampingi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada saat melakukan Coklit. Agenda tersebut dilaksanakan di Kantor Sekretariat PPK Gayam, Minggu, (12/07/2020).

Ketua PPK Gayam, Menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek itu, dilakukan sebagai tahap awal sebelum melakukan bimtek terhadap PPDP, ia mengaku bahwa ketika PPS sudah memahami langkah-langkah coklit, maka selanjutnya bisa mendampingi PPDP pada saat di bimtek oleh PPK. “Sesuai intruksi KPU, Bahwa sebelum membimtek PPDP, kita dituntut untuk membimtek PPS, hal ini sudah mengikuti peraturan yang ada,” Katanya.

Selanjutnya, ia mengaku bahwa mengacu pada jadwal tahapan Pilkada 2020, pada saat ini sudah memasuki tahapan terakhir pelaksanaan bimtek  Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih.

“Setelah tahapan ini kemungkinan akan dilangsungkan dengan tahapan rapid tes anggota PPDP,”. Inbuhnya.

Di tempat yang sama, Anggota PPK Divisi Perencanaan dan Data, Hasan Al Hakiki, menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Bimtek itu, ia menekankan kepada PPS untuk serius, karena menurutnya, keteledoran dalam menulis form isian akan berpengaruh terhadap hasil validasi data pemilih.

“Kita harus bener- bener serius dan maksimal dalam mengikuti bimtek ini, karena butuh ketelitian khusus untuk menghindari kesalahan dalam malakukan coklit,” Paparnya pada saat menyampaikan materi. Tidak hanya itu, Controling PPS terhadap PPDP juga harus benar-benar dilakukan, hal itu dapat mempermudah mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang dapat diprediksi salah.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua PAC IKA PMII itu berpesan, ketika turun ke lapangan, PPS harus tetap memastikan bahwa PPDP harus mengikuti protokol kesehatan, karena baginya, hal itu sudah menjadi salah satu aturan yang harus dilakukan sesuai dengan peraturan KPU. “Kita harus tetap mengantisipasi, dan menjaga diri, dengan mematuhi protokol kesehatan, insya Allah semuanya bisa berjalan dengan lancar,” Pungkas Mantan Aktivis PMII itu. (QQ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *