PERMUDAH PELAKSANAAN TUGAS BENDAHARA, PILGUB 2018 MENDATANG AKAN GUNAKAN APLIKASI SILABI

Tampilan Laman Utama Aplikasi SILABI

Surabaya, kpujatim.go.id– Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  (Pilgub) tahun 2018 mendatang rencananya akan menggunakan aplikasi pembukuan bendahara Silabi (Sistem Laporan Bendahara Instansi). Aplikasi Silabi merupakan aplikasi atau alat  untuk mempermudah pelaksanaan salah satu tugas bendahara. Yakni, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan uang yang berasal dari APBN untuk keperluan belanja negara. Aplikasi Silabi dirancang dapat mengurangi input data seminimal mungkin, dengan memanfaatkan data aplikasi SPM sebagai salah satu sumber data input.

Bendahara Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Dini Utaminingsih menyampaikan bahwa sekarang dana hibah pilkada yang telah dicairkan masuk ke dalam APBN. “Jika di Pilgub sebelumnya, seperti Pilgub 2013, dana hibah pilkada setelah pencairan tidak masuk pada APBN. Namun, untuk Pilgub tahun 2018 dana hibah akan masuk ke APBN,” tutur Dini (18/05/2017).

Dengan masuknya dana hibah ke dalam APBN, menurut Dini, maka pembukuan dana hibah akan menggunakan aplikasi Silabi. “Dimana pilkada sebelum tahun 2018, masih menggunakan pembukuan manual (belum berbasis database-red). Melalui penggunaan aplikasi Silabi ini, akan semakin mempermudah dan membantu tugas bendahara yang dituntut harus cepat, tepat dan akurat serta transparan dalam pelaporan,”  kata Bendahara Pengeluaran KPU Jatim.

Penggunaan aplikasi Silabi dalam pengelolaan dana hibah pilkada sebagaimana diungkapkan Dini, bermanfaat untuk mencegah pencatatan yang salah, mendeteksi pencatatan secara riil karena perekaman data pajak sudah ada, serta penggunaan dana hibah pilkada lebih terpantau.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *