Peran Masyarakat Sipil Sangat Strategis

foto waris

Waris (Baju batik, kopyah hitam); Dalam acara Dialog Demokrasi di Kantor PCNU Sumenep. (03/06/2016)

Sumenep- Masyarakat sipil memiliki peranan yang sangat strategis terhadap proses demokratisasi. Upaya Demokratisasi seyogyanya dilakukan oleh semua stakeholder, agar demokratisasi di Indonesia dapat mencapai tujuan yang diidealkan. Demikian, dijelaskan Ketua KPU Sumenep, A. Warist Umar dalam Dialog Demokrasi di Kantor PCNU Sumenep, 3 Juni 2016.

“Peran masyarakat sipil sangat penting dalam proses demokratisasi. Upaya demokratisasi tidak hanya menjadi tanggungjawab KPU dan partai politik, tapi menjadi tanggungjawab masyarakat sipil juga, agar demokratisasi di Indonesia dapat mencapai tujuan yang diidealkan” Ujarnya.

Lebih lanjut, Waris menjelaskan, Demokratisasi akan membumi, jika semua elemen masyarakat bahu membahu untuk mendidik masyarakat, baik partai politik, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan dan elemen-elemen masyarakat sipil lainnya.

“Angka partisipasi yang cukup tinggi, -khususnya di Sumenep- saat pilkada 2015, tidak terlepas dari peran masyarakat sipil, yang aktif mendorong masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.” Ujarnya.

Ketua KPU Sumenep ini, juga mengharapkan dialog seperti sekarang ini, juga diperbanyak, agar masyarakat menjadi lebih cerdas. Dan KPU Sumenep siap menghadiri kegiatan yang menjadi inisiatif semua elemen masyarakat sipil.

Kegiatan Dialog Demokrasi ini, diikuti aktivis muda dan perwakilan ormas serta Okp Sumenep. (Hd)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *