PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI KPU KAB/ KOTA SE-JATIM

Terbit Tanggal 22 Juni 2016 09:05

foto peningkatan-kinerja

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) terus berupaya mewujudkan komitmen dalam peningkatan kinerja organisasi KPU kabupaten/ kota se-Jawa Timur. Salah satunya dibuktikan dengan dikeluarkannya Surat KPU Jatim Nomor: 55/KPU-Prov-014/VI/2016 perihal Peningkatan Kinerja Organisasi KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur yang dikeluarkan pada tanggal 14 Juni 2016.

Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro membenarkan terkait adanya surat tersebut. “Surat KPU Jatim tersebut merupakan bagian dari upaya KPU Provinsi untuk peningkatan kinerja Ketua, Anggota serta Pejabat/ Staf Sekretariat KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur dan terkait tertib administrasi dalam melaksanakan setiap kegiatan dari masing-masing lembaga,” ujar Gogot (22/6/2016).

Di dalam surat tersebut diantaranya berisi beberaa poin berikut, 1) KPU kabupaten/ kota agar menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan setiap bulan; 2) menyampaikan laporan tingkat kehadiran Ketua, Anggota serta Pejabat/ Staf Sekretariat KPU Kabupaten Kota (dilampiri daftar hadir); 3) menyampaikan laporan terkait keputusan-keputusan yang telah disepakati dalam Rapat Pleno Anggota KPU kabupaten/ kota (dilampiri Berita Acara Pleno, Undangan dan Daftar Hadir); 4) agar Ketua KPU kabupaten/ kota melaksanakan monitoring terkait dengan kedisiplinan/ kehadiran anggota dan Pejabat/ Staf Sekretariat; 5) menegaskan agar Ketua dan Anggota KPU bekerja penuh waktu, sebagaimana diperintahkan dalam Surat KPU RI Nomor: 315/KPU/VI/2016, tanggal 10 Juni 2016 Perihal: bekerja penuh waktu bagi Ketua dan anggota KPU, KPU Provinsi/ KIP Aceh dan Ketua dan Anggota KPU/ KIP Kab/Kota; 6) melakukan pengawasan agar setiap kegiatan dan penggunaan anggaran telah sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku; 7) agar laporan tersebut di atas disampaikan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.

Mengenai poin tentang Rapat Pleno Anggota KPU menurut Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito diperkuat dengan adanya Surat KPU RI Nomor: 317/KPU/VI/2016 perihal Pelaksanaan Pleno bagi Anggota KPU Provinsi/ KIP Aceh dan KPU/ KIP Kabupaten/ Kota.

Ketua KPU Jatim ini menyampaikan pula bahwa KPU Provinsi Jatim selama ini telah mengawali dengan melakukan Pleno 3 s.d 4 kali dalam satu bulan. “Selama ini Kami sudah melaksanakan Pleno rata-rata tiga sampai dengan empat kali dalam sebulan. Dan akan meningkatkan lagi sebagaimana Surat dari KPU RI. Bersama-sama KPU Kabupaten/ Kota akan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” pungkas Eko.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *