Pengembangan Pendidikan Pemilih Usia Dini

76e3abb58d20c7cf8cd8aef76e2e7a6b

 

Jakarta kpu.go.id – Sebanyak 61 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Menteng 01 Jakarta Pusat, Senin (21/11) mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Kunjungan SD 01 Menteng tersebut sudah menjadi agenda rutin tahunan bagi SD 01 Menteng, terutama bagi siswa-siswi yang duduk di kelas VI.
Kunjungan rutin kali ini diterima oleh Kepala Bagian Bina Partisipasi Masyarakat, Titik Prihati Wahyuningsih dan Kepala Sub Bagian Bina Partisipasi Masyarakat Wilayah I dan II, Didi Suhardi, Asep Hanan. Selain Wali Kelas, Kunaeni turut hadir dalam kunjungan itu perwakilan komite perwalian murid.
Pada awalnya siswa-siswi terlebih dahulu diperkenalkan dengan melihat ruangan rumah pintar pemilu, serta melihat-lihat data bersejarah perjalanan pemilihan umum (pemilu) di Indonesia, dari pertama diselenggarakan pemilu di Indonesia hingga Pemilu Tahun 2014 .
Metode diskusi dengan para siswa-siswi, adalah dengan diberi kesempatan yang luas untuk bertanya seputar pemilu dan Demokrasi. Sebelumnya acara diawali dengan tanya jawab disertai pembagian doorprize bagi para siswa-siswi yang dapat menjawabnya.
Puncak acara para siswa-siswi kemudian dikenalkan dengan istilah 5D, yakni Datang, Daftar, Dicoblos, Dimasukan dan Dicelup. Istilah tersebut tidak lain merupakan langkah-langkah yang dilakukan pada saat pemilihan. Materi belajar lainnya yang diberikan kepada siswa seputar struktur organisasi KPU, pengenalan terhadap makna pemilu dan demokrasi serta tata cara memilih. 
Selain itu siswa-siswi dipersilahkan untuk menentukan siapa di antara mereka yang akan menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ataupun sebagai pemilih, dan pasangan calon yang terpilih berdasarkan hasil pilihan mereka (dosen/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *