HELP DESK KPU RI; PENGELOLAAN SIDALIH BERBEDA DARI SEBELUMNYA

Foto: Rahbini Anggota KPU Sumenep Divisi Perencanaan dan Data (kiri), bersama Henri Wijaya Kasubbag Program dan Data (berbaju batik, kanan) saat sesi tanya jawab Bimtek di Sun City Sidoarjo

Sidoarjo, kpud-sumenepkab.go.id – Pada saat Bimtek Pemutakhiran Daftar Pemilih Pilgub Jatim 2018 di Hotel Sun City Sidoarjo, KPU Jawa Timur menghadirkan narasumber dari Helpdesk  Sidalih Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Dwi Riyanto Riyono. Disampaikan olehnya bahwa ada sedikit perubahan dalam pengelolaan Sistem Informasi Data Pemilh (Sidalih).

Dwi menjelaskan, perubahan dalam pengelolaan Sidalih hanya berbeda sedikit, namun pada dasarnya masih sama, misal dalam Sidalih-I, pengolahan data langsung dilakukan pada portal Sidalih, tetapi pada saat ini, operator bisa mengunduh template dan mengisi formnya lewat offline di aplikasi MS Excel.Satu hal yang juga perlu di ingat menurut Dwi, yakni dalam hal mengimput data juga ada perubahan. Dalam Sidalih-I bisa berkali-kali merevisi, serta juga bisa kembali atau merestore ke awal.

Dia menambahkan, selama data belum valid akan ditolak dan otomatis masuk draft. Selain masalah validasi, data yang masuk draft kaitannya dengan kurang lengkapnya data. Dimana, untuk data yang sudah Valid bisa langsung diupload dan masuk dipengelohan data, sedangkan jika data masih belum valid akan masuk dalam draft dan bisa diperbaiki.

“Jika Sidalih sudah aktif, operator segera membuat acount. Saya minta Komisionernya juga dibuatkan acount agar bisa mengontor dan memantau proses pendataan pemilih,” pungkasnya.

(MC–TUNG/BAY.kpujatim.go.id/Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *