PENGELOLA KEUANGAN KPU SE-JAWA TIMUR HARUS CLEAN & GOOD GOVERNANCE

Surabaya, kpujatim.go.id – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) tegaskan kepada pengelola keuangan baik di tingkat KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur agar melaksanakan penyelenggaraan administrasi keuangan secara tertib, clean dan good governance. Hal ini disampaikan oleh Ketua dan Sekretaris KPU Jatim pada rapat kerja teknis Peningkatan Kapasitas Bendahara dan Pengelola Keuangan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur hari ini, Selasa, tanggal 20 Juni 2017 di ruang rapat lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Sekretaris KPU Jatim, H.M. Eberta Kawima menuturkan penyelenggaraan administrasi keuangan KPU harus tertib, clean dan good governance. “Tertib berarti seluruh kegiatan keuangan dicatat. Clean dan good governance berarti pengelolaan keuangan menekankan pada prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik,” kata Wima (20/06/2017).

Wima melanjutkan bahwa pengelolaan keuangan yang tertib, clean dan good governance ini jangan hanya sekedar menjadi jargon saja. “Tapi benar-benar diimplementasikan,” tandas Sekretaris KPU Jatim.

Hal ini pun kembali ditegaskan oleh Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito. “Sepakat dengan yang disampaikan Bapak Sekretaris tadi. Pengelolaan keuangan harus clean dan good governance. Kita perlu bersungguh-sungguh dalam bekerja untuk mengimplementasikan ini. Karena sekali lagi pengelolaan keuangan ini merupakan pekerjaan yang berat. Jadi pengelola keuangan harus teliti, hati-hati jujur, serta dapat mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan,” jelas Eko.

Rapat kerja teknis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan bendahara serta pengelola keuangan di lingkungan KPU se-Jatim ini dimulai dari jam 1 siang dan dijadwalkan akan diakhiri pada jam 7 malam. Diawali dengan pembukaan acara, arahan Divisi Keuangan; Umum dan Logistik KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta kemudian dilanjutkan dengan paparan materi Mekanisme Pengelolaan Hibah dari Direktorat Jendral Perbendaharaan Kanwil I Surabaya dan materi Pertanggungjawaban Hibah dari Biro Keuangan KPU RI. Usai pemaparan dibuka diskusi dengan peserta rapat yang berjalan dengan sangat interaktif. Berikutnya selesai acara, peserta berbuka puasa bersama.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *