PENEMPELAN DAFTAR PEMILIH TETAP (DPT) PPS DESA PAKANDANGAN BARAT

 

Bluto,-. Pada pagi hari ini jam 7.30 ,rabu 28 Oktober 2020 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Pakandangan Barat Melaksanakan penempelan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serentak Lanjutan Kabupaten Sumenep 2020, di Skretariat PPS Desa Pakandangan Barat dan beberapa tempat yang strategis dan sering dilalui oleh masyarakat Desa Pakandangan Barat.

Menurut Ketua PPS Saudara Faiz Desa Pakandangan Barat, Bahwasanya tujuan dilakukan Penempelan Daftar Pemilih Tetap (DPT) agar Masyarakat bisa proaktif Melihat DPT. Apakah nama nama mereka sudah benar-benar terdaftar dengan valid atau belum serta mengkroscek ulang nama dan data untuk Pilkada 9 Desember 2020.Penempelan DPT ini diletakkan ditempat yang sekiranya aman dari kucuran hujan yang deras serta rame dilalui masyarakat dengan ditemani oleh Pendamping Desa, dan juga aparat Desa Pakandangan Barat.

“Kalau ada pemilih baru atau pemilih yang berhalangan untuk nyoblos seperti warga yang baru meninggal dunia maka diharap dengan sangat untuk segera lapor PPS. Begitu juga dengan warga masyarakat yang kebetulan baru berangkat merantau keluar daerah wilayah negara Indonesia maka secepatnya juga memberi tahu PPS untuk segera diperbaiki datanya oleh PPS,ujar Faiz(Ketua PPS).
Anjuran kepada masyarakat agar tetap bisa melihat nama nama DPT di kantor sekretariat PPS desa atau dibeberapa titik tempat penempatan dan penempelan DPT tersebut. Daftar Pemilh Tetap sudah diumumkan sejak hari ini, Rabu 28 Oktober 2020 Untuk ditempel, sampai dengan pemilukada 9 Desember 2020 mendatang

“Penempelan DPT harus dilakukan agar data pemilih sudah benar dan valid. DPT itu tak hanya soal kuantitas, tapi juga kualitas. Pemilu yang berkualitas juga ditentukan oleh data pemilih yang benar. Kalau datanya sudah benar, tentu tercipta pemilihan umum yang indah dan nyaman serta tak akan ada permasalahan lagi di kemudian hari,” ujar Faiz”.
Dengan adanya DPT, masyarakat punya kesempatan seluas-luasnya untuk berpartisipasi, selain itu masyarakat juga bisa mengecek terdaftar atau paling tidak melalui A.3-KWK yang ditempel atau melalui website resmi KPU lindungihakpilihmu.kpu.go.id

“Masyarakat atau Parpol bisa melihat siapa saja yang sudah ditetapkan sebagai DPT, peran serta masyarakat juga sangat kita harapkan. Sehingga, data pemilih benar-benar berkualitas,” ujar Faiz”.

Sementara itu, Aswari , Anggota PPS Desa Pakandangan Barat yang juga hadir pada acara tersebut menyatakan langkah pelaksanaan Penempelan DPT Desa Pakandangan Barat ini merupakan pengapresiasian langkah PPS Desa Pakandangan Barat untuk melaksanakan Penempelan bersama yang didampingi oleh Pendamping Desa dan diikuti juga oleh aparat Desa Pakandangan Barat dan semua yang hadir(sebagian masyarakat yang kebetulan lewat dilokasi penempelan DPT).
“Saya pikir cukup efektif untuk membangun kordinasi masyarakat untuk hadir ke TPS, walaupun dilaksanakan di tingkat Desa. Tapi, semua yang hadir baik Aparat Desa Pakandangan Barat, PD, dan semua lapisan masyarakat yang menemukan kesalahan data pemilih tetap, segera melaporkan ke PPS secepat mungkin” tutur Aswari.

“Perlu dipahami, Penempelan DPT ini adalah sebuah ikhtiar untuk menjadikan paserta pemilihan yang disiplin dan berkualitas.Tapi hal ini merupakan sebuah ikhtiar bahwa pendataan betul-betul transparan sejak sekarang hingga tanggal 9 Desember 2020 serta mengharap peran aktif masyarakat untuk mengikuti informasi sampai pemilukada dilakukan nanti,” papar Aswari”.(Div.Sosialisasi)

Merupakan tujuan akhir penempelan DPT ini, Aswari akan mengungkapkan dalam berita acara dengan catatan-catatan, lalu diserahkan ke PPK. Proses pengentasan proses A3KWK serta juga tidak menutup kemungkinan bisa memasukkan tanggapan dari sebagian masyarakat jika ada. Untuk itu, pengumuman DPT dilakukan sejak penempelan DPT ini ditempel melalui tempat yang telah ditetapkan untuk membuka peluang besar memberikan usulan masyarakat barangkali terdapat kekeliruan DPT maka dengan segera melapor ke PPS setempat sehingga Pemilukada 9 Desember 2020 berjalan dengan lancar sesuai harapan serta seiring dengan ridha Allah Swt. Amin.

Penulis

ASWARI ( DV.SOSIALISASI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *