PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH DI PLENOKAN SECARA TERBUKA DALAM RAPAT KERJA PPS Se KEC. MANDING

Sumenep – Manding,-.  Sejumlah 11 PPS (Panitia Pemungutan Suara) se Kecamatan Manding pada hari ini ,31/08/2020, akan melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep serentak lanjutan tahun 2020 di masing masing sekretariat PPS. Rapat pleno ini di gelar secara terbuka dalam arti melibatkan pihak eksternal yang erat kaitannya dengan pemilu. Diantaranya orang parpol yang berdomisili di desa tsb. “Kami tetap akan mengundang orang dari unsur parpol yang hak pilihnya ada di desa kami. Untuk mengikuti secara seksama data hasil pemutakhiran yang akan dibacakan langsung nanti oleh PPDP. Tentunya PPDP yang kami maksudkan tadi adalah mereka yang bekerja sejak melakukan pencoklitan di tiap tiap TPS” Ungkap H. Kamaluddin ketua PPS Desa Lanjuk.

Rapat Pleno Terbuka Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran yang terlaksana di masing masing PPS ini berbeda waktu pelaksanaannya namun dalam satu hari yang sama. Ini di mungkinkan agar PPK bisa melakuan monitoring dari desa satu ke desa lainnya. ” seluruh anggota PPK akan melaksanakan monitoring ke PPS. Kami terbagi dalam melakukannya. Ada yang 2 orang dan ada yang 3 orang sesuai jumlah PPK yang ada. Ini demi efisiensi waktu” jelas Abdul Latip ketua PPK Manding .

Rapat Pleno terbuka DPHP ini di bertujuan untuk memvalidkan dan memutakhirkan data pemilih dari hasil pencoklitan kemarin. Sehingga melalui Rapat Pleno Terbuka di tingkat PPS ini temuan temuan tentang pemilih ganda atau jumlah pemilih perempuan dan laki laki dapat di sempurnakan kembali.

Sebelum Rapat Pleno di gelar pada hari ini PPS secara intens konfirmasi dengan setiap PPDPnya untuk mengetahui kondisi pemilih di lapangan. Apakah ada perubahan atau tidak. ” Ya memang harus begitu, jika ada perubahan atau laporan baru dari masyarakat tentang pemilih yang belum terdaftar dsb. Kami tetap akan konfirmasi dengan PPDP. Kami tekankan jika memang ada perubahan penambahan pemilih itu harus di setai bukti otentik. Tidak serta merta menambahkan begitu saja” kata Mulyono PPS Gunung kembar Bagian data yang murah senyum ini.

Tidak ketinggalan pula pada Rapat Pleno ini hadir Pengawas desa, Tokoh masyarakat bahkan Kepala Desa yang sengaja di undang oleh PPS untuk mendengarkan hasil pemutakhiran yang dibacakan oleh PPDP nanti. ” Rapat ini di gelar sesuai dengan PKPU no 6 tahun 2020. Jadi kami dan PPS lainnya berupaya semaksimal mungkin agar daftar pemilih yang sdh dimutakhirkan ini akan menjadi sempurna ” ungkap Miftahot Arifin ketua PPS Desa lalangon yang mengambil jadwal paling akhir pada pukul 19.00 wib.
*PPK MANDING SDM/Parmas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *