Menyusun Anggaran Harus Berdasar Ketentuan

f10f07123c74669778da5c19d32ce432Jakarta, kpu.go.id – Dalam acara orientasi tugas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) KPU Tahun Anggaran 2015 yang digelar di Hotel Novotel Jakarta, salah satu fasilitator Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Markus Krisdiono mengatakan, terkait anggaran, penyusunannya harus berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlau, tidak berdasarkan opini pribadi, Kamis (27/10).
 
“Bicara mengenai anggaran, ini tidak boleh berdasarkan ‘sepemahaman saya’. Karena persoalan anggaran harus mengacu kepada ketentuan dan peraturan yang ada,” tandasnya.
 
Jika menemui kesulitan dalam penyusunan anggaran, ia mengatakan pegawai KPU wajib melihat kembali peraturan atau acuan yang mengatur tentang penyusunan anggaran.
 
“Kalau ragu buka peraturan. Jadi jangan sampai salah karena persoalan anggaran,” tambah dia.

 
Dia menekankan hal tersebut kepada para calon pegawai KPU karena tema anggaran tidak berdiri sendiri. Menurutnya, tema anggaran juga berkaitan erat kepada proses pertanggungjawaban, sementara proses pertanggungjawaban tidak jarang akan bermuara pada proses hukum. 
 
Oleh karena hal tersebut ia mengingatkan para peserta orientasi untuk selalu mengacu kepada peraturan sebelum menyusun sebuah anggaran.
 
“Anggaran itu terkait kepada pertanggungjawaban. Sementara itu pertanggungjawaban sangat erat kaitannya dengan proses hukum. Jadi untuk anggaran jangan berbicara berdasarkan pemahaman saya. Itu hal pertama yang perlu dicermati,” pungkas dia. (rap/red. FOTO KPU/ook/Hupmas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *