Menulis Berita, itu Mudah

DSC_0013

Komisioner dan  sekretariat KPU Sumenep mengikuti Bimbingan Teknis Penulisan Berita dan Artikel

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id- Menulis ternyata mudah, syaratnya satu, mau menulis.  Demikian, disampaikan Abdul Hadi, Narasumber   bimbingan teknis penulisan berita dan artikel di Aula KPU Sumenep, pada hari Kamis, 9 Juni 2016 yang diikuti oleh seluruh komisioner dan jajaran sekretariat KPU Sumenep.

            “Menulis, baik berita maupun artikel, bagi yang tidak biasa terasa sulit. Sebaliknya, bagi yang biasa terasa mudah. Namun, bagi pemula, menulis dulu, tulis apa saja. Selanjutnya, penuhi kaidah-kaidah penulisan. Apakah masuk berita, yang harus memenuhi unsur 5 W + 1 H, atau artikel ilmiah?” Ujar Hadi.

            Hadi menjelaskan, “Berita merupakan suatu peristiwa yang terjadi, gagasan, opini yang bersifat penting dan mempengaruhi masyarakat luas, sehingga sangat penting bagi KPU Sumenep untuk menyajikan berita-berita aktual terkait aktivitasnya. Nilai berita, bisa dilihat seberapa besar pentingnya berita tersebut, berdampak besar, teraktual, memiliki kedekatan –baik geografis maupun psikologis-, tenar dan manusiawi”.

            Selanjutnya, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Sumenep ini, mengatakan ragam berita meliputi; Straight news, yakni  5W plus 1 H, Piramida terbalik, mengutamakan aktualitas dan kecepatan. Sebagian besar pers rilis diproduksi dalam bentuk straight news. Feature berita ringan yang tonjolkan sisi kemanusian dan atau latar satu berita. Indepth reporting berita multiperspektif/pendalaman. Investigation reporting berita penggalian atas satu fenomena yang berujung pada temuan.

            Untuk itu, berita yang baik juga sejauh mana observasi yang kita lakukan, seberapa dalam interview yang kita gali dari narasumber yang kompeten dan kredibel serta dokumentasi yang layak untuk mendukung berita yang kita tulis. Ujar Hadi. (Hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *