MEMANFAATKAN ACARA PERTEMUAN RUTIN RT, PPS MARENGAN DAYA MELAKUKAN SOSIALISASI TAHAPAN PILGUB 2018

Insert: Foto Pertemuan Rutin RT, PPS Marengan Daya SaatMelakukan Sosialisasi Tahapan Pilgub 2018

Marengan, kpud-sumenepkab.go.id –Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Marengan Daya mengadakan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gunernur Jawa Timur 2018, di dusun perumahan RT 11/04 Desa Marengan Daya. Bertempat di rumah bapak Rusdianto selaku ketua RT 11/04, PPS Marengan Daya memanfaatkan momen pertemuan rutin RT untuk melaksanakan sosialisasi tahapan Pilgub 2018. “Adapun tujuan kami mengadakan sosialisasi ke dusun perumahan untuk meminimalisir dan mengantisipasi adanya pemilih golput di dusun perumahan, dikarenakan di perumahan ada banyak warga pendatang sebagai penghuni baru dan ada banyak pula yg sementara (Sewa/Kost), sehingga kami merasa perlu melakukan sosialisasi disana” ujar Endang Kusmiyati Ketua PPS Marengan Daya.(13/01)

Dalam pertemuan ini Endang Kusmiyati menjelaskan pada tahun 2018 ini kita masyarakat Jawa Timur akan mengadakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada tgl 27 Juni 2018. Dalam kesempatan yang sama Nur Ainiyah anggota PPS Marengan Daya, juga memberitahukan kepada warga dan ketua RT 11/04, kalau nanti pada 20 Januari s/d 18 Februari 2018 akan ada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yg akan mengunjungi rumah bapak dan ibu terkait dengan pemutahiran data pemilih. Dijelaskan pula perlunya bagi pemilih pemula yaitu pemilih yang pada hari pemilihan tepatnya tanggal 27 Juni 2018 sudah genap berusia 17 tahun atau yang belum genap 17 tahun namun sudah menikah maka sudah bisa menggunakan hak suaranya. “Kami menghimbau semua warga bahwasanya sebagai persyaratan untuk terdaftar sebagai pemilih dalam Pilgub 2018 warga wajib memiliki e- KTP, apabila pemilih masih belum mempunyai e-KTP maka diharuskan memiliki surat rekomendasi dari Dispendukcapil” ujarnya.

Sabtana Arie Mardiana anggota PPS Marengan Daya lainnya dalam pertemuan ini juga membuka sesi tanya jawab, dan memberikan kesempatan dua pertanyaan bagi warga yang hadir di karenakan keterbatasan waktu, warga sangat antusias dengan adanya sosialisasi ini. Rusdianto yg merupakan ketua RT , beliau bertanya bagaimana dengan warga yg sudah pindah ke RT 11/04 dan sudah merekam e-KTP, akan tetapi sampai saat ini e-KTPnya belum terbit. Kemudian kesempatan kedua, Ibu Rina menanyakan bagaimana dengan warga yang sudah pindah kesini seperti saya tapi E-KTPnya masih beralamat desa asal ?. “Jika pada waktu tahapan pemutakhiran data warga yang bersangkutan e-KTP nya belum terbit, maka warga yang bersangkutan bisa menunjukkan surat rekomendasi dari Dispendukcapil bahwa yg bersangkutan sudah berusia 17 tahun dan telah melakukan perekaman e-KTP, menanggapi pertanyaan berikutnya jika warga tersebut pada tahapan pencoklitan nantinya yang akan dilaksanakan oleh PPDP dalam waktu dekat ini, domisili di e-KTP masih tertera alamat asal belum berubah alamat sesuai domisili saat ini, maka resikonya PPDP tidak akan mendaftarkan warga tersebut di DPT sesuai TPS diwilayahnya saat ini ditempati , melainkan yang bersangkutan akan didata di tempat semula sesuai domisili yang tertera di e-KTP nya. Maka dari itu kami menghimbau kepada ibu Rina atau warga lain yang mengalami kasus yang sama untuk segera mengurus perubahan alamat domisili di e-KTPnya atau alternatif lainnya sebelum hari pencoblosan ibu bisa meminta form A5 kepada PPS desa asal ibu tinggal dulu sebagai persyaratan mencoblos di TPS di desa lain.

Warga sangat mengapresiasi sosialisasi yang dilakukan oleh PPS Marengan Daya khususnya warga RT 11/04. Dan diakhir acara PPS Marengan Daya dalam hal ini ketua PPS mengucapkan terima kasih kepada ketua RT 11/04 atas waktu dan tempat yang diberikan kepada PPS, dan berharap kepada warga Perumahan khususnya warga RT 11/04 tidak ada yang golput sehingga harapan kami kedepan dengan adanya sosialisasi ini mampu meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gunernur Jawa Timur 2018 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Juni 2018 nantinya.(EK/ZAM/Su)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *