Media Berperan Sukseskan Agenda Kepemiluan

Yogyakarta, kpu.go.id – Keberadaan media dalam penyelenggaraan pesta demokrasi pusat maupun daerah sangat berperan penting. Media sebagai rekan bagi penyelenggara pemilu dapat ikt menyosialisasikan regulasi serta program yang ada sehingga masyarakat bisa tahu dan memahaminya.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman saat menjadi pembicara diskusi sekaligus Gathering Media yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jumat (5/8) malam. menurut Arief hubungan antara penyelenggara dengan media saling mendukung dan menguntungkan sehingga perlu untuk terus dibina dan dipertahankan.

“KPU tidak mungkin menyuarakan kebijakan sendiri. Media kita harapkan menjadi corong, menyebarluaskan apa kebijakan yang dibuat KPU. Peran media ini penting dalam percepatan informasi,” ujar Arief di Ballroom Hotel Melia Yogyakarta.

Selain itu media menurut Arief jua berperan penting dalam mengawasi kinerja KPU. Apabila ada tahapan yang luput dari penglihatan penyelenggara pemilihan maka disitulah media bisa mengingatkan. “KPU mempermudah tugas media, maka media harus diberi support yang cukup, salah satunya dengan menyediakan data yang dibutuhkan dan mudah diakses,” tutur Arief.

Arief melanjutkan, pada dasarnya prinsip KPU dengan media sama, yakni membangun netralitas, integritas dan kualitas. “Jadi bukan hanya KPU untuk bisa netral, tapi penting juga bagi kami, media itu netral, untuk memastikan integritas media,” tuntasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *