LAPORAN KEUANGAN SEMESTER 1 KPU SE-JATIM TUNTAS

Surabaya, kpujatim.go.id – Hasil reviu laporan keuangan yang telah disampaikan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Timur kepada Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) kemarin, Kamis (27/07), menunjukkan bahwa laporan keuangan semester 1 satker KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur telah clear alias tuntas. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Subbagian (Kasubbag) Keuangan KPU Jatim, Yulyani Dewi.

“Hasilnya clear semua. Catatan antara Barang Milik Negara dan keuangan telah sama. Hasil reviu pun, sudah Kami sampaikan kepada Inspektorat KPU RI dan KPU Kabupaten/ Kota untuk dijawab. Dalam hal ini Kabupaten/ Kota menjawab pertanyaan BPKP pada saat reviu atas penjelasan dan penyajian laporan keuangan,” tutur Kasubbag Keuangan KPU Jatim (28/07/2017).

Kasubbag Keungan KPU Jatim melanjutkan, “Masing-masing satker setelah direviu, selanjutnya sekarang perlu mengupdate laporan keuangan dalam bentuk CaLK, sesuai laporan keuangan yang baru (telah di-reviu BPKP-red)”.

Berikutnya operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) KPU Jatim, Faizur Rahman, menjelaskan CaLK ini perlu dibuat karena untuk menyajikan, melaporkan, mengungkapkan hal-hal yang ada pada laporan keuangan. “CaLK meliputi uraian tentang kebijakan fiskal, kebijakan akuntansi, dan penjelasan pos-pos laporan keuangan, daftar rinci atau uraian atas nilai pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran dan Neraca. Bahkan jika ada tindak lanjut BPK RI, CaLK ini yang akan digunakan untuk menjelaskan. CaLK dibuat satker setiap triwulan, atau minimal setiap semester,” papar Faiz.

CaLK yang telah dibuat oleh KPU Kabupaten/ Kota, nantinya akan dihimpun di KPU Provinsi, sebagai data ketika nanti ada permasalahan atau pemeriksaan.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *