KPU Terima DAK2 Pemilihan Serentak 2018

Jakarta, kpu, go, id—Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah menerima Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (31/07). DAK2 tersebut akan digunakan untuk penyelenggaraan pemilihan serentak 2018 di 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota di Indonesia.

“KPU telah menerima DAK2 dari Kemendagri pada Senin (31/07),” ujar Ketua Divisi Humas, Data Informasi dan Hubungan Antar Lembaga KPU RI Viryan di Kantor KPU RI, Selasa (01/08). DAK2 yang diterima KPU berjumlah 217.001.089 dengan rincian 109.952.173 laki-laki dan 107.048.916 perempuan.

Viryan menjelaskan DAK2 tersebut berguna untuk menghitung persentase jumlah dukungan yang harus dikumpulkan calon perseorangan berdasarkan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih. Berdasarkan ketentuan Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016, persentase jumlah dukungan calon perseorangan antara 6,5 persen sampai 10 persen dari jumlah penduduk yang memiliki hak pilih.

Pemilih yang dapat memberikan dukungan adalah mereka yang berdomisili di daerah pemilihan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat yang menerangkan bahwa  penduduk tersebut berdomisili di wilayah administratif yang sedang menyelenggarakan Pemilihan paling singkat 1 (satu) tahun.
Viryan juga menjelaskan sesuai Peraturan KPU Nomor 01 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakkil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018, setelah menerima DAK2, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota akan melakukan rekapitulasi DPT Pemilihan Umum atau pemilihan terakhir sebagai dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan.

Selanjutnya, ketentuan tentang syarat dukungan pasangan calon perseorangan dituangkan dalam Surat Keputusan KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota. SK tersebut akan dicantumkan dalam pengumuman jadwal penyerahan dokumen dukungan. “Jadi sejak awal bakal calon perseorangan sudah mengetahui berapa jumlah minimal dukungan dan persebaran dukungan yang harus mereka penuhi,” ujarnya.

Sesuai jadwal, KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota akan mengumumkan syarat minimal dukungan calon perseorangan pada 9 sampai 22 November 2017. Sementara jadwal penyerahan syarat dukungan oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ke KPU Provinsi berlangsung pada 22 sampai 26 November 2017. Untuk pemilihan bupati dan wali kota dilaksanakan pada 25 sampai 29 November 2017. (*) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *