KPU SUMENEP; VERIFIKASI FAKTUAL TERHADAP DUGAAN KEANGGOTAAN GANDA PARTAI POLITIK

Foto: salah satu kegiatan verifikasi faktual terhadap dugaan keanggotaan ganda parpol di desa Andulang

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Pada saat ini KPU Kabupaten Sumenep masih melaksanakan kegiatan verifikasi faktual terhadap orang-orang yang keanggotaannya ganda dalam partai politik dan antar partai politik. Kegiatan verifikasi faktual pada kali ini termasuk salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumenep pada tahapan penelitian administrasi dokumen keanggotaan parpol pada tanggal 17 oktober s/s 15 november 2017.

Data keanggotaan ganda internal partai politik dan antar partai politik ini adalah hasil dari penelitian administrasi yang dilaksanakan oleh tim Pokja Verifikasi Parpol terhadap salinan keanggotaan partai politik dikompilasikan dengan data dugaan ganda yang diterima dari KPU RI melalui operator SIPOL.

Verifikasi faktual terhadap dugaan keanggotaan ganda parpol dilaksanakan oleh petugas verifikator lapangan yang sebelumnya diangkat dan ditetapkan oleh KPU Kabupaten Sumenep. Verifikator lapangan ini telah diberi bimtek/pelatihan sebelum melaksanakan tugasnya pada tanggal 5 November 2017 lalu.

KPU Kabupaten Sumenep menargetkan bahwa pelaksanaan verifikasi faktual dugaan keanggotaan ganda parpol oleh petugas verifikator lapangan dapat selesai dalam 5 hari , ujar Zubaidi selaku anggota KPU divisi Hukum yang membidangi tentang Verifikasi Partai Politik. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *