KPU SUMENEP; VERIFIKASI FAKTUAL KEANGGOTAAN PARTAI POLITIK

insert : salah satu petugas verifikator lapangan sedang melakukan verifikasi faktual keanggotaan partai politik

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id. Tahapan demi tahapan pelaksanaan pendaftaran partai Politik calon peserta pemilu tahun 2019 sudah dilewati, mulai dari penerimaan dokumen salinan keanggotaan, penelitian administrasi, penelitian administrasi hasil perbaikan, cuplik sampel keanggotaan, dan saat ini memasuki tahapan verifikasi faktual keanggotaan dan kepengurusan Partai politik. Khusus verifikasi faktual keanggotaan, sesuai peraturan perundang-undangan hanya dilakukan untuk partai politik baru.

Apabila verifikasi kepengurusan dan domisili kantor dilakukan oleh komisioner KPU beserta sekretariat, berbeda dengan verifikasi faktual keanggotaan yang dilaksanakan oleh petugas verifikator lapangan untuk melakukan verifikasi faktual keanggotaan. KPU sumenep mengangkat sejumlah petugas verifikator lapangan yang telah dilakukan pembekalan, dan mulai tanggal 20 Desember kemarin mereka sudah bekerja melaksanakan verifikasi faktual terhadap keanggotaan partai politik dengan cara mendatangi satu persatu orang yang namanya tercantum didalam data hasil cuplik sampel.

Salah satunya seperti disampaikan oleh Abd. Syakur, verifikator lapangan yang bertugas di kecamatan Ganding, bahwa dalam melaksanakan tugasnya dia memilih waktu malam hari, dikarenakan masyarakat di pedesaan rata-rata kalau siang hari bekerja, baik ke sawah maupun berdagang, jadi sulit kalau mau bertemu di siang hari, makanya saya memilih waktu malam hari dalam melakukan verfikasi terangnya.

Semua informasi yang kita peroleh dari hasil verifikasi akan kami catat dan kami laporkan ke KPU tutupnya. Sedangkan waktu pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan akan berakhir pada tanggal 4 Januari 2018 jelas Zubaidi, Anggota KPU yang membidangi verifikasi parpol. (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *