KPU SUMENEP; VERIFIKASI FAKTUAL DATA GANDA KEANGGOTAAN PARPOL PASCA PUTUSAN BAWASLU RI

Foto: Pelaksanaan verifikasi faktual oleh petugas verifikator lapangan (doc.KPU.14/11/17)

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – KPU Kabupaten Sumenep pada saat ini sedang melaksanakan Penelitian Administrasi Keanggotaan Parpol pasca putusan Bawaslu RI. Di Kabupaten Sumenep ada 5 partai politik yang dilakukan penelitian administrasi salinan keanggotaannya yang terdiri dari: Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Rakyat, PKP Indonesia, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Idaman.

Peneitian terhadap salinan keanggotaan partai politik telah selesai dilaksanakan dan telah disandingkan dengan data dugaan ganda yang didapat dari aplikasi SIPOL, dan terindikasi beberapa data yang diduga ganda dalam internal parpol dan antar parpol. Dari data tersebut, ada beberapa yang ganda dengan parpol lain di tahapan verifikasi faktual sebelumnya, sehingga pada saat ini hanya 4 (empat) orang yang perlu diverifikasi faktual dengan cara mendatangi nama yang bersangkutan untuk dipastikan kebenarannya.

4 (empat) nama yang diduga ganda tersebut tersebar di 4 (empat) kecamatan yaitu Kecamatan Dungkek, Kecamatan Rubaru, Kecamatan Kota Sumenep, dan Kecamatan Kalianget. KPU Kabupaten Sumenep mengangkat petugas verifikator lapangan guna keperluan tersebut dan hasilnya akan segera direkap dan dibuat berita acara hasil penelitian administrasi dan disampaikan kepada masing-masing partai politik pada esok hari Jum’at (1/12) sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Keputusan KPU RI nomor: 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017. (Ad)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *