KPU SUMENEP; TINDAK LANJUTI PUTUSAN MK

Insert: KPU Sumenep saat Sosialisasi PKUP no. 5 dan 6 bersama parpol di ruang aula hotel C1

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep melaksanakan sosialisi  peraturan KPU  nomor 5 dan 6 tahun 2018 dengan melibatkat pengurus 16 (enam belas) partai politik (Parpol)  peserta pemilu tahun 2019 serta melibatkan Panwaskab Sumenep, Minggu (27/1).

Ach. Zubaidi S. HI komisioner KPU Sumene Divisi Hukum, menyampaikan Peraturan KPU yang baru tentang tahapan pendaftaran sampai verifikasi partai politik calon peserta pemilu tahun 2019. PKPU nomor 5 tentang jadwal verifikasi akan dimulai tanggal 30 januari s/d 1 pebruari 2018 hanya tiga hari. Kemudian setelah selesai verifikasi, KPU pada tanggal 2 akan mengundang semua parpol untuk menerima hasilnya. “Partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 verifikasi akan dimulai tanggal 30 januari s/d 1 pebruari 2018 hanya tiga hari,”

Lebih Lanjut Zubed sapaan akrap Zubaidi, Kemudian yang belum memenuhi syarat maka parpol mempunyai kesempatan untuk memperbaiki dari tanggal 3 s/d 5 Pebruari 2018, pada tanggal 6 Pebruari 2018 KPU akan melakukan Verifikasi hasil perbaikan, setelah itu KPU melaporkan hasil Verifikasi ke KPU RI melalui KPU Jatim, kemudian kita tinggal nunggu hsil keputusan KPU RI.

Tujuan dari verifikasi adalah untuk membuktikan keabsahan persyaratan parpol peserta pemilu, yang meliputi: kesesuaian nama pada susunan pengurus parpol yang tercantum dalam formulir LAMPIRAN 1 MODEL F1-Parpol ; pemenuhan keterwakilan perempuan pada susunan pengurus parpol tingkat pusat paling sedikit 30 persen dalam formulir LAMPIRAN 1 MODEL F3-Parpol ; dan domisili kantor tetap pada kepengurusan parpol, Ujarnya. (ZW/Hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *