KPU SUMENEP ; SOSIALISASI PKPU NO 7 DAN PKPU NO 11 TAHUN 2017

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id. Bertempat di ruang rapat kantor Komisi pemilihan Umum Kabupaten Sumenep, pagi ini senin (2/10) pukul 10.00 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi PKPU no.7 dan 11 tahun 2017. seluruh partai lama di kabupaten sumenep hadir, dan ada juga ada 5 partai baru yang hadir.

Diawali dengan sambutan oleh ketua KPU Kabupaten Sumenep dalam hal ini diwakili oleh  Rahbini, disampaikan bahwa sosialisasi ini adalah langkah awal terhadap perubahan dan aturan main dalam pelaksanaan pemilu 2019 mendatang. Aturan seperti pemetaan dapil  penentuan kursi dalam dapil mengunakan metode terbaru. Dan salah satu agenda nya adalah peran petugas penghubung dari parpol agar proses transisi informasi bisa berjalan dengan cepat dan baik. Dan peran serta aktif parpol sangat diharapkan demi suksesnya pelaksanaan pemilu 2019.

Sesi selanjutnya adalah penyampaian materi sosialisasi oleh Ahmad Zubaidi selaku Komisioner KPU Kabupaten Sumenep Divisi Hukum. Disampaikan bahwa langkah awal tahapan pelaksanaan pemilu ini adalah proses pendaftaran, prinsipnya adalah semua parpol harus mendaftar ke KPU RI. Dan proses pandaftaran tersentral ke KPU RI. Dan yang mendaftar adalah DPP parpol. Sedangkan di daerah hanya menyerahkan salinan dokumen persyaratan keanggotaan parpol sesuai dengan yang didaftarkan oleh parpol tingkat pusat ke KPU RI, dan semua data itu terintegrasi dalam sistem SIPOL. Selanjutnya disampaikan materi tentang penyerahan berkas di tingkat KPU Kabupaten/kota, beserta dengan syarat yang ditentukan. Misalnya tentang waktu pendaftaran dan penyerahan berkas, jumlah berkas pendukung minimal yang harus diserahkan, serta perbaikan dan persyaratan administrasi. Verifikasi vaktual baik verifikasi vaktual untuk kepengurusan maupun verifikasi vaktual untuk keanggotaan parpol, ujar Zubaidi (Hr/Ad) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *