KPU SUMENEP; SIMULASI PENATAAN DAPIL DAN PENGHITUNGAN ALOKASI KURSI DI BIMTEK BALIKPAPAN

Foto: FGD Simulasi Penataan Dapil dan Penghitungan Alokasi Kursi di Kelas B Bimtek Balikpapan

Balikpapan, kpud-sumenepkab.go.id – Di sesi terakhir pelaksanaan Bimtek Penataan Dapil dan Penghitungan Alokasi Kursi di Hotel Novotel Balikpapan – Kalimantan Timur, dilaksanakan diskusi grup yang dibagi berdasarkan peserta yang beranggotakan 7-10 orang di masing-masing meja.

Di dalam diskusi kelas B diberikan 2 studi kasus di 2 Kabupaten dengan disajikan data kependudukan dan dapil pada pemilu tahun 2014 yang terjadi pemekaran wilayah dengan perubahan jumlah penduduk sesuai dengan DAK2 baru dari Kemendagri.

Hasil simulasi penataan dapil dan penghitungan alokasi kursi masing-masing kelompok diserahkan kepada panitia dan dipresentasikan oleh perwakilan kelompok. Dengan memperhatikan 7 prinsip dalam penataan dapil, terdapat beberapa pendapat yang berbeda dari masing-masing kelompok yang tentunya dijelaskan dengan pemahaman dan argunentasinya. Tidak ada yang benar atau salah dalam simulasi sekarang, karena semua tergantung dari kondisi di masing-masing daerah, ujar Supriyatna selaku Wakabiro Teknis dan Hupmas KPU RI.Setelah diskusi dan pemaparan dari beberapa kelompok, narasumber Wakabiro Teknis dan Hupmas menambahkan bahwa KPU Kabupaten/Kota supaya nanti melakukan uji publik dengan mengundang stake holder setelah melakukan penataan dapil dan alokasi kursi berdasarkan Peraturan KPU yang dalam waktu dekat akan disahkan. (Hr/Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *